Sab. Des 14th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

3 Kartu Sakti Jokowi Masuk Dalam 10 Rancangan Program Pemerintah Tahun 2020

2 min read

LINTASINDONEWS.com, JAKARTA – Pemerintah telah mulai merancang kegiatan prioritas dan strategi untuk tahun 2020. Dirketur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) Askolani menjelaskan ada 10 kegiatan prioritas yang telah dibahas pemerintah, antara lain:

1. Kartu Sembako Merupakan program inovasi pemerintah menggabungkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan bantuan tetap pada Program Keluarga Harapan (PKH).

2. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merupakan upaya pemerintah melakukan optimalisasi bidik misi dengan memperluas target penerima serta peningkatan indeks bantuan. Kartu ini adalah kelanjutan dari KIP SMA sederajat.

3. Vokasi Merupakan upaya penguatan sinergi antar lembaga dan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui penguatan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dan magang mandiri di dalam maipun luar negeri, sertifikasi tenaga kerja dan kerja sama dengan industri.

4. Kartu Pra Kerja Merupakan upaya pemerintah mendukung masyarakat miskin yang belum bekerja. Dukungan ini diberikan dalam bentuk pelatihan kerja dan bantuan insentif paska training. Pemerintah menargetkan tahun 2020 ada sekitar 2 juta pemegang kartu

5. Kartu Indonesia Sehat Melanjutkan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan nasional bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI). Pemerintah berpotensi melakukan perluasan peserta dan penyesuaian iuran.

6. Percepatan penganan stunting Penguatan konvergensi berbagai program kesehatan seperti pemberian gizi serta non kesehatan seperti sanitasi dan air bersih. Pemerintah fokus intervensi pada 260 Kabupaten/Kota dan melakukan sinkronissasi proram di 22 Kementerian dan Lembaga.

7. Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Pemeirntah fokus menjaga stabilitas negara dalam mendukung berbagai program pembangunan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat secara lebih profesional

8. Kegiatan Penelitian Pemerintah akan fakus pada 10 bidang riset antara lain pangan, energi dan transportasi. Askolani menjelaskan kegiatan penelitian ini akan dikombinasikan dengan belanja dan pembiayaan sehingga akan ada tambahan alokasi dana penelitian.

9.Penguatan Destinasi Wisata Dengan mengembangkan 10 destinasi wisata yang terdiri dari Super Prioritas dan Prioritas. Super Prioritas antara lain Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo dan Mandalika. Sedangkan Prioritas adalah Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu dan Kota Tua, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi dan Morotai.

10. Penanganan Bencana Pemerintah akan melanjutkan penanganan bencana 2018 dan pengembangan skema pembiayaan bencana. Terutama untuk Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. ( Seno )

Sumber: Kontan.co.id

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.