Membuka Tirai Kebenaran

7 Budaya Lebaran Yang Bikin Hepi

3 min read
Ilustrasi (seorang pemudik sedang istirahat)

Lebaran, istilah yang sangat akrab oleh masyarakat Indonesia. Momen Hari Raya Idul Fitri yang merupakan salah satu hari perayaan umat Muslim ini menjadi hari yang paling meriah di dunia.

Ada beberapa tradis khas yang hanya dilaksanakan pada hari raya, tidak hanya bersilaturahmi, tetapi juga ada sederetan kegiatan yang unik dan meriah, terutama di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, budaya lebaran di Indonesia sangat dinanti-nantikan dan paling ditunggu setiap tahunnya. Karena banyaknya keunikan dan keistimewahan dari hari yang suci ini, kebanyakan warga Indonesia tidak pernah lupa dengan tradisi-tradisi lebaran di Indonesia yang unik setiap tahunnya.

Model si cantik Septi Wulandari

Tradisi Lebaran di Indonesia

1. Mudik

Sudah pasti! Kamu pasti juga sering kan melakukan tradisi yang satu ini? Nah, kalau yang ini hampir tak pernah terlewatkan oleh warga Indonesia. Mudik udah kaya hukum wajib deh pokoknya. Banyak di beberapa kota besar Indonesia, pastinya banyak sekali orang yang merantau ke ibukota Jakarta.

Pastinya menjelang hari lebaran tiba, mereka yang berada di Jakarta sudah pasti pulang ke kampung masing-masing karena ingin merayakan dan memanfaatkan momen hari lebaran bersama keluarga tercinta. Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri pun tiket pesawat sangat cepat sekali habis terjual. Tak peduli seberapa mahal uang yang harus mereka bayarkan asal bisa berjumpa dengan keluarga di kampung sana. Setuju kan?

2. Makanan Khas Lebaran

Tak hanya di Indonesia, sebagian negara Asia pun juga memiliki makanan khasnya masing-masing. Tapi, yang nggak boleh tertinggal adalah ketupat sayur. Hmm, tak hanya itu saja. Setiap hari raya Idul Fitri tiba, masing-masing keluarga pasti menyuguhkan makanan spesialnya.

Biasanya, sepulang shalat Idul Fitri menu pertama yang akan disantap adalah ketupat sayur. Tersaji dengan sangat menarik dan menggugah selera, makanan yang satu ini biasanya disajikan lengkap dengan opor, rendang dan kerupuk udang.

3. THR

Nggak hanya Reservasi.com aja yang sudah bagi-bagi THR. Tapi, tradisi ini juga merupakan turun temurun yang biasanya dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, tradisi ini akan dibagikan kepada anak-anak kecil, keponakan dan saudara.

Tak hanya dikalangan keluarga saja, di kantor pun tradisi ini juga sangat dinantikan oleh para karyawannya. Selain itu hal ini juga sudah menjadi ketetapan pemerintah lho. Gimana, THR kamu masih ada kan?

4. Mengirimkan Parcel

Saling mengirimkan parcel kepada tetangga, kerabat maupun sanak saudara yang jauh. Tradisi mengirimkan parcel ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan juga selama bulan puasa dan menjelang lebaran.

Selain untuk menjalin tali silaturahmi, hal ini juga sangat dinanti-nantikan. Tak jarang yang menantikan dan sangat penasaran dengan isi dari parcel tersebut. Hayo ngaku aja deh!

5. Halal Bi Halal

Halal bi halal yang merupakan tradisi paling wajib ketika lebaran ini merupakan suatu kegiatan yang menggambarkan tradisi bersilaturahmi dengan berkunjung ke sanak saudara, kerabat, teman, dan kolega ketika hari lebaran sudah tiba.

Menjalin tali silaturahmi itu hukumnya wajib lho. Momen ini sendiri pun selalu dimanfaatkan oleh semua orang sebagai momen untuk saling bermaaf-maafan.

6. Takbiran

Malam hari menjelang lebaran, pastinya tradisi ini tidak pernah sepi dan selalu ramai dilakukan oleh muslim di Indonesia. Kemeriahan dari malam takbiran ini selalu dilengkapi dengan kumandang takbir yang merupakan salah satu wujud syukur, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kemeriahan ini juga biasanya kurang lengkap jika tidak mengadakan pawai keliling kota dengan menabuh bedug dan senandung takbir. Buat kamu yang turut memeriahkan malam takbiran dengan pawai dan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kamu harus tetap menjaga keselamatan dengan mentaati peraturan lalu lintas.

7. Baju Lebaran

“Baju baru Alhamdulillah.” Itulah senandung yang selalu terucap ketika lebaran tiba. Tradisi baju lebaran ini sebenarnya merupakan cerminan dari pribadi yang baru ketika hari raya.

Tak hanya baju lebaran, bahkan banyak yang membeli sepatu baru, celana baru, dan peralatan shalat yang baru juga. Untuk tradisi yang satu ini nggak wajib kok. Kalau kamu masih memiliki baju yang layak pakai dan bagus, kan masih bisa pakai baju yang lama?

Sumber: Travel Blog Reservasi 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social