Membuka Tirai Kebenaran

Ahmad Yani Kades Tetesingi, Optimalkan ADD Untuk Peningkatan Pembagunan Lingkungan

2 min read

Pengadaan bibit kelapa

LintasIndoNews.com | ANDOOLO — Kepala desa adalah jabatan publik, sebab ia dipilih langsung oleh warganya, sehingga seorang kepala desa tentu telah paham apa yang akan dilakukan sebagai seorang kepala desa, untuk kemajuan dan peningkatan pembangunan demi kemaslahatan masyarakatnya.

Baca Juga: Rumah Sakit Dewi Sartika, Diduga Terindikasi Kuat Cemari Lingkungan Cukup Lama

Baca Juga: Pemda Konsel Launching Kampung Pelangi di Desa Langgapulu

Desa saat ini menjadi sasaran utama dalam peningkatan pembagunan, sehingga pemerintah tidak tangung – tanggung untuk mengucurkan anggaran melalui program dana desa, yang realisasikan langsung diberikan kepada kepala desa.

Hal ini dilakukan karena kepala desa dinilai lebih tahu apa yang diperlukan masyarakatnya. Ahmad Yani, kepala Desa Tetesingi, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan, dalam  menggunakan dana desa selalu bermusyawarah dengan masyarakat dan tokoh masyarakat, terutama dalam membuat program pembangunan fasilitas umum yang harus diprioritaskan. Dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Selain membangun fasilitas umum, Ahmad melalui bidang pemberdayaan SDM, melakukan kegiatan pengadaan bibit kopi sebanyak 11.550 pohon dan bibit kelapa 8250 pohon. Yang kemudian langsung dibagikan kepada masyarakat untuk ditaman dilahan pekarangannya.

Ia penyampaiakan, dari hasil Musyawarah Desa (Musdes) Tetesingi tahun 2019 untuk progaram dana desa, kegiatan yang di usulkan masyarakat desa Tetesingi.

” Kegiatan ini meliputi  pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1200 meter dan Talud sepanjang 200 meter, “ katanya kepada Crew media, Kamis (11/7/2019).

Lebih lanjut,  dengan adanya program dana desa dari pusat ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dalam membenahi lingkungan desa dengan sarana umum dan pemberdayaan masyarakat yang lebih positip, ungkap Ahmad.

Dari pantauan media ini, Desa Tetesingi  dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 171, dengan Jumlah penduduk saat ini sekitar 670 orang, (sedangkan jumlah pilih sekitar 380 orang). Sumber penghasilan masyarakat mayoritas mengandalkan dari hasil pertanian dan perkebunan.  (edison)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.