Membuka Tirai Kebenaran

Akhir Pekan Asyik Weekend ? Di Gemolong Ada Tempat yang Asyik Buat Weekend, Mana saja Tuh !?

8 min read

SERBA-SERBI, Mengapa Indonesia menganut weekend di hari Sabtu dan Minggu? Ini jawabannya. Memang tidak hanya di Indonesia saja. Mayoritas negara-negara di dunia khusus negara barat sedang memilih pekan dan kerja. Kenapa Indonesia mengikuti tradisi bangsa barat?

Jadi, jeda Sabtu dan Minggu pun tidak lepas dari sejarah bangsa Kuno. Dahulu, bangsa Kuno yang berpusat di Italia, banyak negara Eropa seperti Belanda, Prancis, Jerman, dan Portugal. Saat berkuasa, bangsa miskin percaya bahwa Minggu adalah hari baik untuk ibadah. Minggu juga hari suci bagi kaum Nasrani.

Bangsa Romawi Kuno ini memiliki kewajiban merekam hari Minggu dan hari penting lainnya dengan warna merah. Pengaruh bangsa Romawi Kuno inilah yang akhirnya menyebar ke negara-negara kekuatannya di Eropa, salah satunya adalah Belanda.

Seperti yang kita tahu, Belanda mengusai Indonesia selama ratusan tahun. Dalam kurun waktu itu, tradisi hari libur yang diperoleh Belanda dari bangsa Roma Kuno pun menurun ke Indonesia. Orang saat ini, hari Minggu adalah hari kerja bagi para pekerja Indonesia. Sekarang, tradisi itu tetap. Nah, kali ini Kita akan bahas di mana saja titik-titik yang asyik buat weekend. Khususnya masyarakat sragen yang berada di ujung barat dan sekitarnya, sebut saja kawedanan Gemolong City. Atau wilayah perbatasan Boyolali utara khususnya Andong dan sekitarnya, pasti tahu mana saja tempat yang asyik buat weekend, bisa Sekeluarga, Sahabat atau Pacar. Yuk kita kunjungi tempat itu, ini dia


 Taman Edupark Gemolong

Tampak dari depan pintu utama
(foto:edot)

Di kutip dari NasionalXpos.co.id, Taman P2KH Edupark Gemolong resmi di buka Kamis (20/10/2016) lalu oleh bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Acara Festival Hijau tahun 2016 dan Peresmian taman edupark yang berlangsung di siswa / SMK, SMA, SMPN, MTs, SD, MI, TK dan Paud se Kec. Gemolong dan warga setempat.

Suasana santai Taman Asri (foto:rian)

Taman yang terletak di Gemolong itu selesai dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptakaru) pada akhir 2015 lalu. Lantaran belum ada serah terima aset dari Pemprov Jawa Tengah ke Pemkab Sragen, taman yang menelurkan dana Rp 5 miliar dari APBN 2015 yang disebutkan disalahgunakan oleh kaum remaja.

Patung gajah ikon sragen
(foto refrensi pihak ketiga)

Mereka yang disebut taman untuk kegiatan negatif seperti pacaran melayani mesum, merokok-mabukan dan bermain judi. Namun, Pemerintah kelurahan Gemolong bersama Paguyuban Wong Salam akhirnya mengelola kebun itu selama masa transisi pengalihan status.

Bangku duduk santai
(foto refrensi pihak ketiga)

Dalam taman peresmian Edupark gemolong juga di isi dengan festival hijau, lomba pesan lingkungan, melukis tong sampah, kuliner makanan khas daerah, festival musik gamelan yang di bawakan oleh anak-anak smp N1 gemolong.

Setelah taman di resmikan, diharap bisa bermanfaat dan bisa membuat tempat belajar jangan untuk kegiatan yang negatif. Dan membuat Gemolong Pusat oleh-oleh khas dari Gemolong dan Taman Edupark ini dibangun dengan luas 1,3 hektar. Taman Edupark ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak dan usia dewasa.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga berpesan kepada masyarakat setelah di resmikan, di harap masyarakat bisa menjaga dan merawat taman, jangan rusak. Dalam imbauannya waktu itu Pemeliharaan taman harus secara konsisten dan kontinyu, kami berharap warga ikut menjaga kebun ini, jangan hanya pemerintah saja yang ngurus kebun ini. Yang sangat menantang kami akan membuatkan sumur karena tidak ada yang bisa dilakukan dalam perawatan taman dan jika sudah pukul 21.00 taman ini agar dikunci, tidak bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Taman Air Kwangen Indah

Di lansir dari suaragemolong.blogsports.com Kwangen Indah dibangun diatas tanah seluas 5300 m2, walaupun letaknya di lingkungan pedesaan dari segi fasilitas Kwangen Indah tidak kalah dari wahana serupa yang ada di kota. Taman air ini memiliki lima kolam yang terdiri dari kolam anak, remaja dan prestasi (memakai standar internasional untuk panjang kolam, tetapi kedalaman menggunakan standar untuk rekreasi). Mulai dibuka pada tanggal 11 Nopember 2009 dengan jumlah pengunjung hanya 7-10 orang dalam sebulan diawal pembukaan, hal ini hampir membuat putus asa pihak manajemen. Bermodal semangat supaya usahanya jangan sampai gulung tikar sang menajer terus berupaya dan berinovasi supaya Taman Air Kwangen Indah lebih dikenal ke berbagai daerah yang bisa membuat jumlah kunjungan meningkat. Selain itu pihak manajemen juga mendapat sumbang saran dari Dinas Pariwisata Kab. Sragen Membangun fasilitas prosotan, ayunan, ember tumpah, dan berbagai patung binatang, memberlakukan tarif pelajar bagi siswa mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi(harus terorganisir dan ada penanggungjawab guru atau kepala sekolah), menggandeng biro/agen wisata dalam berpromosi, memberlakukan tarif terjangkau hanya Rp. 5500 per orang untuk pengunjung umum bisa bermain air sepuasnya terbukti mampu mendongkrak jumlah kunjungan. Puncak kunjungan terjadi saat libur lebaran.

Anak-anak TK asyik bermain air, gurauan, teriakan saat terkena tumpahan air dari ember besar, siswa sekolah menengah belajar berenang menjadi pemandangan yang biasa tiap pagi di Kwangen Indah. Bagi yang ingin memacu adrenalin bisa mencoba wahana flying fox atau papan seluncur setinggi sekitar 10m. Setelah lelah berenang dan bermain air kita bisa melepas lelah sambil makan di kantin yang berada di berada tepat disamping kolam. Selain itu bagi yang lupa membawa baju ganti tidak perlu khawatir karena di area wahana ada toko baju yang menjual baju-baju fashionable.

Taman air kwangen indah (foto:rian)

Kini, dengan berbagai fasilitas yang dipunyainya Taman Air Kwangen Indah mulai dikenal luas dan menjadi tujuan utama bagi warga Gemolong dan sekitarnya dalam berekreasi.

Pusat Kuliner Penggugah selera

Di kutip dari beberapa sumber dan Madiunpos.com, Kawasan Gemolong yang masuk wilayah Kabupaten Sragen sehari-hari ramai dilintasi pengguna jalan. Tak hanya lalu lintasnya yang sibuk, wilayah tersebut juga diramaikan dengan aneka tempat makan yang menyuguhkan aneka menu.

Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner yang hadir dari pagi hingga malam hari di Gemolong, terutama di ruas jalan Solo-Purwodadi. Mulai dari ayam goreng, soto, bakso, dan steak, bisa Anda nikmati di wilayah ini.

Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran

Warung Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran terletak di jalan raya Solo-Purwodadi Km 18, tepatnya di kawasan industri mebel Karangjati, Kalijambe, Sragen. Warung ini buka pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Warung milik Agus Salim, yang merupakan penduduk asli Sangiran, menyediakan mi ayam yang dijual dengan harga Rp3.000. Tak hanya mi ayam, warung yang buka sejak tahun 2014 juga menyediakan bakso atau mi bakso yang dijual Rp6.000 sampai Rp7.000.

Jumali, salah satu pegawai Warung Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran, mengungkapkan mi untuk mi ayam diproduksi sendiri di warung milik bosnya.

Tersedia minuman seperti es teh, es jeruk, es susu, dan es lemon tea. Dia menambahkan ada pula tahu dan kerupuk untuk pelengkap makan bakso maupun mi ayam di warung itu.

Ayam Geprek Spesial Sambel Korek

Tempat makan kedua adalah Warung Ayam Geprek Spesial Sambel Korek. Sesuai namanya, warung yang terletak di Distrikan RT 03A, Gemolong, Sragen, tepatnya di depan SBI Gemolong, menawarkan olahan ayam dan bebek geprek dengan sambal korek. Warung ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Warung bersistem franchise milik Dodok Sartono ini menyediakan ayam geprek utuh matang dengan harga Rp54.000 dan bebek geprek utuh matang Rp74.000. Tersedia juga ayam atau bebek geprek matang per potong yang dijual mulai Rp14.000 sampai Rp20.000.

Indah, salah satu pegawai menuturkan jika ada pengunjung yang memesan ayam atau bebek geprek utuh, Rp1.000 dari harga akan diambil untuk dizakatkan.

GSM Resto

GSM (Gemolong Steak Mania) Resto terletak di sebelah utara Ayam Geprek. GSM buka pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Resto milik Aminan Rosidin menyediakan banyak menu mulai dari steak, ayam goreng/bakar, penyetan, satai ayam, dll. Buka sejak tahun 2005, GSM sudah mempunyai dua cabang yang sama-sama terletak di Gemolong.

Nita, salah satu karyawan GSM, menuturkan menu di GSM cabang pertama yang terletak di selatan Swalayan Lestari Baru lebih bervariasi. Sedangkan menu di GSM cabang kedua yang terletak di dekat SMA Muh 2 Gemolong hampir sama dengan GSM pusat.

Nita juga menuturkan ada menu spesial today, menu yang tidak setiap hari ada seperti pepes patin dan ayam betutu. Menu spesial today ditulis tersendiri di papan tulis yang terletak di dekat kasir.

Warung Hik Sakmadyo

Warung Hik Sakmadyo terletak di Joyorejan RT 006 RW 001, Gemolong, Sragen, tepatnya di timur jalan Solo-Purwodadi Km 21. Meskipun dalam spanduk warungnya tertulis soto seger, bukan berarti warung ini hanya menjual soto.

Buka sejak tahun 2005, warung hik ini banyak dikunjungi oleh pegawai swasta di kawasan tersebut. Sesuai namanya, sakmadyo dalam bahasa Jawa yang berarti seadanya, warung hik ini menjual makanan dengan harga mulai dari Rp500. Warung hik milik Mulyati, menyediakan makanan ala hik seperti nasi bungkus, gorengan, lauk pauk, dan lain-lain.

Temok, suami Mulyati, menuturkan nasi bungkus dijual seharga Rp1.000, sedangkan untuk nasi soto dijual seharga Rp3.000, dan gorengan dijual Rp500 per biji. Temok menambahkan warung hik yang dikelola oleh istrinya ini buka dari jam 07.00 WIB hingga jam 20.00 WIB.

Warung Karyo Kimpul

Warung Karyo Kimpul 2 yang menjual bakso, mi ayam, dan soto ini terletak berseberangan pas dengan Warung Hik Sakmadyo. Warung ini buka pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Warung milik Wijatno Kimpul ini merupakan cabang dari Warung Soto Kimpul yang terletak di sebelah selatan Pos Lantas Perempatan Gemolong.

Berbeda dengan Warung Soto Kimpul yang hanya menjual soto, istri Kimpul, menuturkan Warung Kimpul 2 menghadirkan mi ayam dan bakso.

Semangkuk mi ayam dihargai Rp3.500 dan semangkuk bakso dihargai dengan Rp6.000, sedangkan soto Rp2.000.

Sambel Ayu Spesial

Warung Sambel Ayu Spesial, tempat memanjakan lidah ini terletak di jalan Sukowati, Gemolong Km 1. Warung ini buka dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Warung Sambel Ayu Spesial menyediakan banyak menu mulai dari ayam goreng/bakar, lele goreng/bakar, sayuran, dan camilan. Sesuai dengan namanya yang menyertakan kata sambel, tentu saja Anda dapat menemukan sekitar 18 macam sambal di warung ini.

Warung milik Muhammad Yusuf Atmaja, buka sejak 1,5 tahun lalu dan dikelola oleh Niswatun Mubarokah, yang merupakan ibunda Yusuf. Niswatun menjelaskan nama Ayu pada warung Sambel Ayu Spesial diambil dari nama panggilannya sewaktu muda.

Soto Kwali Daging Sapi Barokah

Arena kuliner berikutnya yakni Warung Soto Kwali Daging Sapi Barokah. Warung soto ini terletak di pinggir jalan Gemolong-Sragen, tepatnya di Dukuh Klenthang RT 008, Gemolong, Sragen.

Terletak di pinggir jojrogan (turunan) jalan, kata barokah pada nama warung soto ini diambil dari nama pemiliknya, yaitu Niswatun Mubarokah. Warung soto yang sudah buka sejak tahun 2008 ini dikelola oleh ibu kandung pemilik warung Sambel Ayu Spesial.

Niswatun menuturkan semangkuk kecil soto yang dimasak dengan kuali dijual dengan harga Rp2.000. Ia juga menuturkan banyak sundukan (lauk yang disajikan dengan ditusuk seperti satai) yang dijual dengan harga mulai dari Rp4.000 dan gorengan Rp500 untuk menemani makan penikmat soto di warungnya.

Treend Steak & Sambal

Terletak di Jl. Gatot Subroto, tepatnya sebelah barat Luwes Gemolong. Lokasinya tak jauh dari rel kereta api. Suwarno, pemilik resto Treend Steak & Sambal menghadirkan menu spesial steak dan sambal.

Suwarno menuturkan resto yang buka pada Desember 2016, sudah mempunyai empat cabang, baik di dalam kota maupun di luar kota. Suwarno juga mengatakan jargon dalam restonya adalah murah harganya mantap rasanya.

Resto yang buka pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB ini menyediakan steak, spageti, nasi goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Seporsi chicken steak crispy dihargai dengan Rp11.500, dan untuk chicken steak original (tanpa tepung) dihargai dengan Rp16.500.

Masalembo

Kuliner di sini sajikan berbagai menu, dari aneka minuman jus buah hingga minuman lainnya. Makanan siap saji dari ayam bakar goreng hingga berbagai steak daging ayam maupun sapi, usaha ini milik keluarga almarhum Marjoko yang dulu menjabat sebagai Kasek SMK SAKTI Gemolong. Lokasi dari perempatan Gemolong ke utara arah purwodadi kurang lebih 2 km.

Kontributor : Edot/Rian

Berbagai sumber 

Editor : Rian Hepi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social