Membuka Tirai Kebenaran

Antara citizen journalism VS media arus utama

2 min read

OPINI, Sungguh ajaib bagaikan dunia hanya sebesar biji salak itu yang terjadi, bagaimana tidak media massa saat ini mengalami perkembangan cukup pesat, baik dari saksi teknologi maupun cakupan khalayaknya.

Hal ini pula yang mendorong kajian-kajian komunikasi massa kontemporer dalam melihat peran dan keberadaan media massa ditengah masyarakat modern sekarang ini. Berbagai pendapat muncul, bagaimana arah media massa ke depan, yang dipicu oleh kehadiran teknologi informasi.

Pesatnya teknologi informasi memungkinkan publik berinteraksi lebih cepat dalam mengabarkan peristiwa dibanding media arus utama. Hal ini kemudian memunculkan istilah citizen journalism, dimana informasi dari masyarakat dapat langsung disebarluaskan melalui jagat maya. Konsep ini lebih mengedepankan kecepatan penyebaran informasi.

Sedangkan media arus utama lebih mengedepankan kredibilitas dan kode etik jurnalisme. Bisa dikatakan, jurnalisme publik menghilangkan peran editor dan profesionalitas wartawan dalam menyampaikan berita.

Nampaknya persaingan tersebut semakin menjadi tantangan jika media sosial turut serta dalam menyampaikan peristiwa. Media mainstream semakin sulit mengontrol masyarakat dalam menyampaikan informasi di media sosial. Semisal perkumpulan sosial media di beberapa aplikasi, sehingga informasi antar masyarakat lebih mudah.

Meski dinilai lebih kredibel, persaingan media arus utama dan platform digital tidak selamanya berbuah manis. Media arus utama dengan mengedepankan kredibilitas dan kode etik juga terkadang tergiring mengambil informasi dari digital sehingga peran kontrol dalam media arus utama cenderung tidak berjalan.

Sementara di bidang informasi, sebut saja Kemenkominfo RI sendiri memiliki kepentingan, dalam mendukung eksistensi media arus utama. Di satu sisi, media jenis ini lebih mampu menginformasikan dengan baik berbagai program yang dijalankan Pemerintah. Ini menimbulkan perbagai reaksi dari para pengamat media sosial, yakni perkembangan media arus utama akan turut berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, bukan hanya di perkotaan tetapi juga menjangkau wilayah pedesaan dan wilayah terdepan Indonesia. ( diambil dan di olah dari berbagai sumber )

Penulis   :    Pegiat Medsos / Rian

Editor     :    Riian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social