Membuka Tirai Kebenaran

Awal Tahun Baru 2020, Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi

3 min read

Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi, Rabu (1/1)

Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi, Rabu (1/1)

LINTASINDONEWS.com, SRAGEN – Menyambut tahun baru 2020, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klaten, Rabu pagi, 1 Januari 2020 mengunjungi kampung terisolir di lereng Gunung Merapi tepatnya di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.

Kunjungan Bupati Klaten ke Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo untuk menemui warga Dukuh Girpasang termasuk menyampaikan rencana pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Dukuh Ngringin dengan Dukuh Girpasang.

Setibanya di Dukuh Ngringin, Desa Tegalmulyo sekitar pukul 09.00 WIB, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Dandim 0723 Klaten Letkol Kavaleri Minarso, SIP bersama para pejabat, Camat Kemalang Budi Prasetyo SSos, Kades Tegalmulyo Sutarno dan langsung menyusuri jalan setapak melewati lembah Dukuh Ngringin untuk menuju Dukuh Girpasang.

Karena Bupati Klaten pada Rabu, 27 Februari 2019 pernah berkunjung ke Dukuh Girpasang, maka kunjungan yang ke dua ini Bupati Klaten sampai sekitar seperempat perjalanan lalu kembali ke Dukuh Ngringin.

Setelah itu perjalanan ke Dukuh Girpasang dilanjutkan sejumlah Kepala OPD yang dipimpin Inspektur Kabupaten Klaten Jajang Prihono SSTP. Kemudian diadakan acara penerimaan kunjungan Bupati Klaten yang diadakan di Dukuh Ngringin, Desa Tegalmulyo yang lokasinya berada di selatan Dukuh Girpasang.

Kedatangan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tersebut juga disambut tokoh masyarakat Dukuh Girpasang Yosorejo (65 tahun) dan Supadmo (69 tahun).
Dalam sambutannya, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan, warga yang tinggal di Dukuh Girpasang ada sekitar 39 jiwa, namun kalau untuk ke luar dari Dukuh Girpasang warga harus menyusuri lembah dengan 1001 tangga yang membutuhkan tenaga ekstra kuat. Maka Pemkab Klaten berupaya membantu warga Dukuh Girpasang dengan membangunkan jembatan gantung dengan panjang sekitar 120 meter.

Untuk pembangunan jembatan gantung tersebut, kata Hj Sri Mulyani, pihaknya sudah menyampaikan kepada Presiden RI, Ir H Joko Widodo. Jika dibangun jembatan permanen yang menghubungkan Dukuh Girpasang dengan Dukuh Nringin maka biayanya hampir Rp 10 miliar, namun jika dibangun jembatan gantung biayanya sekitar Rp 1 miliar, sehingga direncanakan untuk menghubungkan antara Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin akan dibangun dengan jembatan gantung.

Maka dari itu, lanjut Hj Sri Mulyani, Pemkab Klaten membuat skema pembiayaan untuk pembangunan jembatan gantung itu. Pemkab Klaten mengajukan anggaran ke pemerintah pusat atau mengajukan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Namun, Pemkab Klaten berupaya agar pembangunan jembatan gantung untuk menghubungkan antara Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin dapat terlaksana pada tahun 2020 ini.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, untuk sementara membantu Rp 20 juta untuk pembangunan tangga beton yang ada di lembah antara Dukuh Girpasang menuju Dukuh Ngringin yang sebagian ambrol karena tergerus hujan beberapa waktu lalu. Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berkunjung ke Dukuh Ngringin dan Dukuh Girpasang sekaligus sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada warga yang tinggal di dukuh terisolir.

Camat Kemalang, Budi Prasetyo SSos didampingi Kades Tegalmulyo Sutarno mengucapkan terimakasih kunjungan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani ke Dukuh Ngringin dan Dukuh Girpasang.

Kemudian juga menyampaikan apresiasi atas rencana pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan antara Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin.
Kades Tegalmulyo Sutarno menambahkan jembatan gantung yang akan dibangun untuk menghubungkan antara Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin, nantinya tidak saja menjadi akses jalan warga Dukuh Girpasang saja. Namun, akan menjadi akses jalan bagi semua warga yang akan menuju ke Dukuh Girpasang dan semoga pembangunan jembatan gantung tersebut dapat segera dilaksanakan pada tahun 2020 ini.

Para pejabat yang mendampingi kunjungan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani ke Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin antara lain Inspektur Kabupaten Klaten Jajang Prihono SSTP, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Sip Anwar SE MSi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto SSos MSi, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten Drs Muh Nasir MSi.

Kemudian Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Sunarno SH, Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKD) Klaten, Muh Himawan Purnomo, SSTP MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Klaten Sri Hadi SE MSi, Sekretaris DPRD Klaten Anang Widyatmoko SH serta sejumlah pejabat lainnya. (Danang)

 

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan (alenia pertama pembukaan UUD 1945)”

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social