Sel. Okt 15th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Bersih Desa di Desa Tempursari Sambi, Wujud Keharmonisan Antara Manusia dan Alam

1 min read

Saat bersih desa

BOYOLALI, LINTASINDONEWS.com – Manusia dan alam merupakan satu kesatuan. Hubungan dua elemen itu, seakan tak bisa lepas satu sama lain. Hubungan simbiosis keduanya pun menjadi keniscayaan. Namun, dalam perkembangan manusia modern, alam seakan menjadi objek untuk meneguhkan dan meneruskan kehidupan manusia.

Alam yang rusak, sampah dimana-mana, berimplikasi kepada banyaknya bencana alam yang memakan banyak korban jiwa. Disinilah diperlukan kesadaran ekologis manusia untuk paham dengan alam. Manusia yang secara sadar peduli dengan alam. Yang menarik adalah, masyarakat kita, dahulu begitu menghargai alam. Hal ini terbukti dengan adanya ritual bersih desa, sebagai bentuk atau wujud penghormatan manusia terhadap alam.

Untuk Bersih Desa di laksanakan sebagai slametan atau upacara adat Jawa, guna memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu.

Seperti halnya Desa Tempursari Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, adakan Bersih Desa.

Hadir dalam acara tersebut, Diskominfo Boyolali, Muspika Kecamatan Sambi, Pemerintah Desa Tempursari. Dengan adanya bersih desa diadakan pentas seni ketoprak Sekar Budaya, Sabtu (21/9/ 2019) Pukul 20.00 WIB.

Hadir pula berbagai elemen dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama  semua tumpah ruah menyaksikan gelar seni budaya Jawa yang hmpir punah ini.

Pendana dari CV. Windu Karya Utama, CV Mulyo Asih, CV Surya Kendaga . TB Mulyo Asih Tibyani. TB Sidodadi. Star Sandal Kembang Sawit. Nasi Goreng Gondrong. Bening Ati Multi Media Vidio Shooting. (Janter/Suharti)

Editor: Rian

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.