Membuka Tirai Kebenaran

Bersih Dusun Kampung Minapadi di Warnai Hiburan Kentongan, Unik dan Bermakna

2 min read
Masyarakat kampung minapadi tampak semangat dalam refleksi bersih dusun

Sudah menjadi tradisi bagi warga Minapadi RW.IX. Kal. Nusukan yang terdiri 7 RT. Setiap tahun mengadakan kegiatan yang namanya Bersih Desa, adalah salah satu budaya ujung Puji syukur dan terima kasih warga kepada Allah SWT yang telah memberikan berbagai kenikmatan, keselamatan, ketenteraman dan kesejahteraan kepada seluruh warga Minapadi, kegiatan ini diselenggarakan setahun sekali di bulan Suro, dan setiap tahun bergantian sebagai penyelenggara dari RT. 01. sampai RT.07.

Informasi yang di himpun Lintasindonews.com untuk tahun 2018 sebagai pelaksana RT.06 pada 11/10/ 2018 beberapa waktu lalu, berbagai acara dikemas untuk memberikan hiburan pada warga masyarakat khususnya warga Miskin Minapadi, diantaranya kirab seni dan budaya yang ada di Minapadi, yang cukup menjadi perhatian penonton musik kentongan yang dibuat dari bambu dengan karakter masing masing bunyi bambu yang dipadukan memunculkan irama musik yang dapat mengiringi berbagai jenis lagu seperti pop dan lagu anak anak.

Acara refleksi tersebut yerselenggara hari Rabu, dimulai pukul. 15.30 WIB  start dari RT.06 mengelilingi Kampung Minapadi dan finish ditempat yang sama selesai pukul 16.15 WIB,  serta malam harinya panggung hiburan yang dihadiri oleh Musspika Kecamatan Banjarsari, Lurah Kelurahan Nusukan dan Hartanti. SE. anggota DPRD Kota Solo.

Hiburan diawali dengan tari gambyong sebagai tari wajib disetiap mengadakan bersih desa, dan selanjutnya berbagai seni tari tradisional dan modern tampil pula guyon mathon Punokawan, acara Koes Plus mania menampilkan VOOR MAN Band dengan lagu lagu Koes Plus nya sebagai penutup acara dan selesai pukul 01.00 WIB dini hari. 

Kontributor: Slamet Sutanto

Editor: Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.