Membuka Tirai Kebenaran

Bupati Konsel Hadiri Musrenbangnas 2019 di Jakarta

2 min read
Saat hadir penuhi tugas musrenbangdes di jakarta

LintasIndoNews.com | Jakarta — Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga, ST., MM menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Shangri-la Hotel – Jakarta, yang di buka oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo di dampingi Wapres, H. Jusuf Kalla, Kamis (9/5/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) tersebut, mengangkat Tema ” Peningkatan SDM Untuk Pertumbuhan Berkualitas”, dan di hadiri para Menteri, pimpinan Lembaga Tinggi Negara, dan para Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia.

Dimana pada kesempatan tersebut, Presiden RI, Joko Widodo mengarahkan agar pelaksanaan Musrenbangnas Tahun 2019 harus dan telah menggunakan pendekatan money follows program, asas mamfaat, serta perencanaan secara holistik-tematik, terintegrasi dan berbasis spasial. dengan sasaran pembangunan wilayah dan Re-exercise target kerangka ekonomi makro Daerah Tahun 2020.

Sementara itu dihubungi usai kegiatan, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menjelaskan bahwa Musrenmbangnas 2019 yang diinisiasi oleh Kemen-PPN/Bappenas tersebut di laksanakan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 yang bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dan penajaman program/kegiatan prioritas nasional antara Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Termasuk didalamnya Kabupaten Konsel

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian Musrenbang ditingkat Provinsi hingga Kab/Kota yang telah kita lakukan, sambung Surunuddin. Yang akan kita selaraskan antara program yang dicanangkan Pemerintah Pusat dengan rencana kegiatan kerja kita di daerah untuk tahun mendatang, agar lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

“Forum Musrenbangnas ini sangat penting kita hadiri, agar kita ketahui juga program kerja apa yang di prioritaskan pusat, jadi nanti disesuaikan saja plan kerja kita sesuai apa yang disusun Bappenas, yang merupakan bagian dari membangun sinergitas yang positif demi mendorong pembanguan daerah menuju Desa Maju Konsel Hebat melalui berbagai pendekatan sesuai asas mamfaat,” ungkapnya.

Tentu hal ini kita harus sinergikan, tandas Surunuddin, karena menyangkut sokongan pendaanaan juga, olehnya kita berharap, Konsel bisa menjadi perhatian dan masuk sebagai salah satu daerah yang menjadi kawasan program prioritas nasional oleh pemerintah pusat, sehingga tercipta Konsel yang maju pembangunannya dan masyarakat yang SDMnya mumpuni dan berkualitas serta sehat dan sejahtera.

Untuk diketahui, kegiatan itu diisi dengan laporan pelaksanaan musrenbangnas 2019, penyusunan dan penyerahan visi Indonesia 2045 dan rancangan teknokratik RPJMN 2020 – 2024 oleh Kemen-PPN/Bappenas, serta peluncuran visi Indonesia 2045 dan penyerahan penghargaan pembangunan daerah (PPD) oleh Presiden Jokowi,”Pungkasnya.(B.Edison)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.