Membuka Tirai Kebenaran

Dalam Situasi Pandemi Covid 19, SMKN 4 KlatenTetap Eksis Pembelajaran Jarak Jauh

2 min read

KLATEN – SMKN 4 klaten yang memiliki alamat di Jln Raya solo – Yogyakarta Cantelan, Belang Wetan Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten Jawa Tengan yaitu tempat menimba ilmu dengan bidang keahlian 1. Bidang Keahlian Akutansi, 2. Bidang Keahlian Otomatisasi Pengelolaan Perkantoran, 3. Bidang Keahlian Bisnis Jaring Pemasaran, 4. Bidang Keahlian Perbankan Syariah, 5. Bidang Keahlian Perhotelan, 6. Bidang Keahlian Tehnik Komputer Jaringan.

Kepala Sekolah SMKN 4 klaten, Drs Eko Subadri MM menyampaikan kepada wartawan diruang kerjanya Kamis (25/3/21) ” Walaupun dalam suasana pandemi covid 19, SMKN 4 klaten, tetap eksis melaksanakan kegiatan pembelajaran daring, atau Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) yang sesuai dengan petunjuk Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) terutama pendidikan akademik guru memberikan materi atau soal soal yang harus dikerjakan oleh para siswa, guru harus selalu aktif dalam memberikan pembelajaran yang harus dikerjakan kepada siswanya.” Jelasnya

Eko biasa ia disapa, melanjutkan,” ya sebetulnya sama dengan pembelajaran tatap muka materi yang diajarkannya, hanya saja ini belajar lewat jaringan , lewat aplikasi geogleroom, zom, atau HP dan lainnya.akan tetapi karena ekonomi orang tua siswa yang saat ini lagi terdampak corona, sehingga daya ekonomi melemah, terutama masalah pulsa atau kuota internet, maka disini menggunakan grup WhasApp atau WA,” Ungkapnya.

Ia melanjukan, ” Tim Supervisi yang bekerjasama dengan pengawas dan guru kurikulum untuk monitor para guru, dan jika dalam pembelajaran jarak jauh ini siswa ada yang mengalami kendala kesulitan, diharapkan siswa bisa datang disekolah, pihak sekolah akan mengakomodir siswa yang mwngalami kesulitan.

Semetara, lanjut Eko, ” Dalam mengatasi siswa yang malas atau kurang aktif dalam kegiatan daring, pihak sekolah lewat guru memberikan motivasi lewat grup WA, dan jika cara seperti ini, masih ada siswa yang juga kurang aktif, maka pihak sekolah akan mendatangi orang tua nya, untuk diberikan pengarahan, pembinaan yang sifatnya dorongan agar orang tua juga ikut berperan aktif, dalam memberikan bimbingan kepada anaknya,” Terangnya

Masih dari Eko, ” Pembelajaran praktikum untuk kelas 10 dan 11 diadakan yang bisa dikerjakan dari rumah, melalui sistim daring, sehingga praktikum disekolahan ditiadakan.

Kemudian, Tambah Eko, ” Untuk kelas 12 ada praktikum pelatihan dan praktikum ujian sekolah dan dan kita berkomonikasi dengan gugus covid 19 tingkat Kabupaten dan tingkat kelurahan atau desa dan tetap melaksanakan protokuler kesehatan, jadi hingga saat ini pembelajaran jarak jauh berjalan dengan baik, guru dan siswa semua aktif, ” Tutupnya.(Red)

Editor: Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.