Sel. Des 10th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Dampak Teknologi Bagi Anak Sekolah Dasar

2 min read

Dinda Restu Fauzia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

OPINI, Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi dewasa ini, akan berdampak kepada semua pihak, baik langsung maupun tidak langsung. Banyak orang berpendapat bahwa, kalau kita tidak mengikuti perkembangan zaman bisa saja orang tersebut akan ketinggalan zaman.

Ya, mungkin ada benarnya juga tentang pendapat tersebut. Sebab, zaman ini selalu berjalan dan mengalami kemajuan atau perkembangan.

Termasuk diantaranya adalah perkembngan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Dahulu sebelum adanya perkembangan teknologi, dapat dipastikan peradaban zaman ditempuh dalam tempo yang sangat panjang, belum bisa berkembang secepat ini.
Salah satu dampak perkembangan teknologi mungkin juga dialami oleh anak SD.

Anak SD pada era sekarang inisudah banyak yang mempunyai telephon pribadi. Banyak orang tua yang memfasilitasi anaknya dengan telephon pribadi dengan alasan, orang tua merasa kasihan dengan anaknya setelah pulang sekolah mereka merasa suntuk karena ditinggal kedua orang tuanya bekerja. Tetapi mungkin ada alasan lain juga orang tua memfasilitasi anaknya tersebut.

Karakteristik setiap anak memang berbeda-beda, ada anak yang memang menggunakan telephon pribadinya dengan hal-hal positif, tetapi disisi lain mungkin juga ada anak yang menyalahgunakan fungsi telephon dengan semestinya. Kurangnya pengawasan orang tua dengan anaknya tentang teknologi dapat berakibat fatal kedepannya.

Dengan diberikannya telephon pribadi kepada anaknya, orang tua harus melakukan pengawasan yang baik terhadap anaknya. Mungkin salah satunya orang tua bisa memberikan batasan waktu kepada anak saat bermain HP, agar anak masih bisa fokus belajar.

Dari uraian di atas dapat dilihat dampak negatif dan dampak positif teknologi bagi anak Sekolah Dasar. Dampak positifnya yang pertama yitu internet sebagai media komunikasi, anak-anak Sekolah Dasar bisa melatih dan mengembangkan kreatifitasnya dengan cara berkomunikasi dengan orang lain secara mudah.

Kedua, anak-anak Sekolah Dasar bisa menggunakan internet sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan e-mail, newsgroup, dan lain sebagainya, mungkin hal itu bisa diterapkan pada anak SD kelas tinggi.

Ketiga, internet juga bisa digunakan sebagai media untuk mencari informasi dan data.

Keempat, kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet membuat mereka (anak-anak) tahu apa saja yang tejadi pada saat ini dan yang terakhir bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain sebagainya.

Selain berdampak positif internet juga membawa dampak negatif diantaranya yang pertama di salahgunakan untuk menonton situs pornografi.

Kedua, dorongan kepada anak untuk melakukan kriminal, karena banyak situs-situs kriminal.

Ketiga, pemborosan uang saku juga bisa terjadi kalau kita tidak selalu mengawasi anak kita, dan yang keempat yaitu kecanduan game online juga menghantui anak-anak kita.

Mereka kebanyakan lupa waktu belajar kalau sudah masuk dalam dunia game online. (*****)

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.