Membuka Tirai Kebenaran

Desa Jabung Gali Pemberdayaan di BUMDes Jaya Makmur

2 min read
Tampak para pengurus BUMDes Jaya Makmur bekerja tak kenal lelah

Desa Jabung Gali Pemberdayaan di BUMDes Jaya Makmur

LintasIndoNews.com, Sragen — Penggunaan dana desa yang di gagas Pemerintah Tahun 2019 ini , totalnya mencapai Rp 73 triliun, harus beralih dari pembangunan infrastruktur dasar menjadi peningkatan sumber daya manusia (SDM), termasuk pengembangan usaha masyarakat.

BUMDes Jaya Makmur siap melayani masyarakat

Pembangunan desa akan berlangsung efektif jika memiliki spesifikasi khusus bidang usaha. Maka setiap kepala desa di Sragen harus berani berpikir out of the box atau melakukan inovasi. Selain mendorong inovasi, Kepala Desa harus melakukan capaian dana desa yang telah digelontorkan pemerintah dalam empat tahun terakhir ini sejak 2015.

Kades Jabung Triyono

Maka dari itu jauh hari sebelumnya, sejak regulasi tentang pendirian BUMDes Desa Jabung Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah, sejak dini sudah berkecimpung di dunia usaha sebut saja BUMDes, yang akan meningkatkan Pemasukan Asli Desa (PAD).

Berdasarkan urun rembuk (Musyawarah Mufakat) antar tokoh masyarakat, lahirlah BUMDes Jaya Makmur. Usaha yang di miliki BUMDes ini tergolong unik dan kaya inovatif, pasalnya usaha yang di geluti adalah bidang perdagangan, yakni menjual hasil tenun goyor dari asli produk masyarakat desa Jabung sendiri.

Selain itu produk yang di jual meliputi baju batik hasil kerajinan industri rumahan, penjualan seragam korpri, sembako kebutuhan umum serta simpan pinjam guna meminimalisir korban dari kaum rentenir.

Saat di konfirmasi Sang Kades Jabung Triyono menyampaikan, desa Jabung tidak begitu besar PAD nya, untuk itu dia menawarkan konsep mendirikan BUMDes yang di kelola oleh masyarakat sesuai ADRT saat pembentukan badan hukumnya.

” Kami bekerja untuk melakukan pencapaian sesuai program Pemerintah, jadi bagi kami selaku pemerintah desa memberikan fasilitas yang terbaik untuk masyarakat, alhamdullillah kami sudah mendirikan BUMDes Jaya Makmur untuk masyakat, ” Jelasnya.

Sementara saat tim lintas indo berkunjung di kediaman Sekdes Jabung Topik membenarkan, jika BUMDes di kelola langsung oleh masyarakat.

” Desa hanya memberikan yang terbaik untuk masyarakat sesuai program Pemerintah, dan harapan kami BUMDes bisa berkembang sehingga bisa, bermanfaat bagi masyarakat, “tukasnya. (wanto)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.