Membuka Tirai Kebenaran

Desa Japoh Jenar Berkembang Dengan Fakta

2 min read
Kades Japoh saat di ruang kerjanya

LintasIndoNews.com, Sragen — Kehadiran dana desa (DD) yang menjadi salah satu program andalan pemerintah pusat saat ini, kini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Japoh Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen.

Program ini sedikit banyak sudah mampu mengubah wajah desa di Japoh yang dulunya tidak memiliki infrastruktur yang layak, kini dengan adanya dana desa yang sepenuhnya dikelola masyarakat desa, ada perubahan ke arah yang lebih baik.

Seorang pengendara motor sedang melintasi lapangan desa japoh, kini sudah terlihat asri

Untuk itu Kades Japoh W. Hariyanti di ruang kerjanya ketika di konfirmasi berharap, masyarakat bisa bersatu guyub rukun memanfaatkan dana desa untuk membangun dan memajukan desa sebagaimana yang diinginkan pemerintah pusat maupun daerah.

Pihaknya optimis, kehadiran dana desa kedepannya akan semakin membuat desa Japoh berkembang dan maju. Kini sudah terbukti pembangunan yang bersumber dari DD sudah mengular cantik di setiap jalan Kampung, seperti halnya perintisan BUMDes sudah berdiri sesuai program pemerintah, yang mewajibkan setiap desa harus memiliki badan usaha.

Selain itu sebagai ikon wajah desa yang terlihat asri yakni lapangan desa sudah tertata dengan baik, guna memanjakan para penduduk jika memanfaatkan lapangan desa bisa terasa nyaman dan sejuk di pandang.

Cara yang di jalankan Kades Cantik yang biasa di sapa Hariyanti ini cukup memikat hati, yakni pengelolaan dana desa secara transparan dan akuntabel. Sebab, dana desa harus sampai ke rakyat dan dirasakan manfaatnya.

Mekanisme penggunaan dana desa dan laporan pertanggungjawabannya Desa Japoh dilaksanakan dengan jelas, pemberian dana desa cukup efektif dalam pengentasan kemiskinan maupun pembangunan infrastruktur, yakni bantuan RTLH dan Jambanisasi juga terealisasi.

Dalam segi pelayanan desa segala surat menyurat untuk masyarakat di layani dengan gratis sejak 2015. Itulah wajah desa Japoh yang terletak di bagian sisi utara kota sragen dan berdekatan dengan kecamatan tangen. Yang memiliki penduduk guyub rukun dan masih menganut tradisi budaya Jawa yang kuat, saling berhubungan kuat dalam gotong royong membangun desa. (Tim)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.