Membuka Tirai Kebenaran

Desa Jekani Miliki BUMDes Sewa Alat Bangunan

2 min read
Sukarno S,Sos Kades Jekani

Lintas Indo | Sragen — Desa Jekani kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen memiliki aktifitas perkantoran di dusun Sidomulyo yang bersebelahan dengan SDN 1 Jekani, tepatnya di jalan raya dari pusat kota kecamatan menuju arah Kecamatan Tanon.

Para perangkat desa jekani

Jika dari Ibu Kota Sragen berjarak + 23 Km menuju sebelah utara dari Kabupaten Sragen, memiliki 5 Dusun 14 Dukuh dan 29 RT, dengan jumlah luas wilayah 633,0 Ha.

Adapun komoditas utama masyarakat desa Jekani adalah Petani, hasil pertanian dan perkebunan yang paling menonjol masih didominasi oleh tanaman padi, dengan masa tanam dua kali dalam setahun, dan sebagian bisa tiga kali. Untuk jumlah luas wilayah pertanian memiliki luas sawah 142 Ha, pekarangan 153 Ha, tegalan 338 Ha dan lainya 33 Ha.

Desa ini juga sudah menjalankan program desa lengkap, yakni menngupayakan agar tanah masyarakat bisa bersertifikat semua melalui program-program pemerintah.

Saat di konfirmasi Kades Jekani Sukarno S,Sos kepada media lintas indo memaparkan, desa Jekani dalam proses pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD) sudah bisa di rasakan manfaatnya. Jalan yang dulu belum tersentuh pengerasan kini sudah banyak yang di cor dan talud. Selain itu juga jalan menuju jalur utama pertanian.

” Masyarakat Desa Kami sangat menikmati hasil pembangunan yang di berikan pemerintah, kami siap menjaga dan merawat semua bantuan pemerintah, ” tukasnya.

Sukarno juga sudah mempersiapkan di bidang pemberdayaan di bidang BUMDes yang berbasis penyewaan alat bangunan berupa molen dan lainnya.

Selain itu unggulan yang bisa dirasakan manfaatnya, adalah adanya pemanfaatan lahan menjadi pusat bumi perkemahan, yang selalu siap di gunakan kapan saja. Hingga masyarakatpun bisa merasakan dampaknya, yang dengan berjualan menjadi sumber ekonomi. Untuk embung desa sudah bisa di manfaatkan, ada juga beberapa kas desa kini sudah bisa kembali menjadi milik desa dan bisa di manfaatkan semestinya.

Itulah sekilas wajah desa Jekani yang masyarakatnya masih memiliki hubungan emosional, dan keterikatan kekeluargaan yang cukup tinggi, budaya Jawa masih mendominasi, wajar jika sikap, toleransi, pluralisme dan gotong – royong hingga saat ini masih ada dan membudaya. (Wanto/Rian)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.