Membuka Tirai Kebenaran

Desa Karanganom Bidik Pemberdayaan Jadi Skala Prioritas

2 min read
Kades Karanganom

Guna menunjang pembangunan, Desa Karanganom Kecamatan Sukodono Kabupatem Sragen, yang di pimpin Kasdadi selaku Kepala Desa selalu menggerakkan peranan PKK, menurutnya cara tersebut sangat strategis menyukseskan pembangunan di wilayahnya. Terutama melalui 10 Pokok Program PKK yang wajib dilaksanakan.

Lintasindonews.com, Sragen, — Dimana PKK memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga terutama di tingkat desa, karenanya 10 program pokok itu harus dilaksanakan secara baik.

Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian.

Terbukti dari sekian kegiatan di bidang pemberdayaan, desa karanganom menjadi desa binaan untuk masyarakat di setiap kelompok. Yakni menjadi kampung iqro’ , PAUD, Posyandu di setiap Pokja. Sementara untuk Bumdes sendiri sudah terbentuk, baik secara badan hukum maupun susunan pengurus dari masyarakat juga sudah siap. Kini gedung Bumdes telah siap untuk di gunakan, yang nantinya bergerak di beberapa bidang.

Yakni bidang perdagangan membuat toko desa semacam minimarket, serta melayani para pengusaha kecil menengah dengan simpan pinjam, untuk bidang perternakan sendiri sudah membina 40 KK untuk berternak lele.

Perkelompok bisa memiliki minimal 2 kolam hingga 5 kolam, yang pemasarannya sudah di tentukan.
Dalam paparannya Kasdadi sangat mendukung sekali pemberdayaan ini, dimana bisa tingkatkan komoditas ekonomi masyarakat.

” Kami sebagai pihak pemerintah desa selalu mendukung kegiatan ini, dimana masyarakat sudah sangat antusias dan sangat membantu perekonomian mereka, ” katanya.

Dalam pantauan media ini, dari segi infratuktur sudah cukup merata bahkan seorang warga karanganom sendiri memberi penilaian banyak kemajuan infratukurnya. Baik talud, jalan desa maupun jalan usaha tani, yang memberi kemudahan dalam pasca panen tiba.

Untuk itu desa karanganom sudah layak menjadi desa berkriteria maju dan berkembang, dimana segala bentuk bantuan selalu libatkan para tokoh maupun lembaga desa, dengan transparan dan akuntabel. 

Kontributor: Rian / Wanto 

Editor: Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.