Membuka Tirai Kebenaran

Desa Karungan Berkembang, Wisata Edukatif Jadi Bidikan

2 min read
Joko Sunarso, SP

Lintasindonews.com, Sragen — Semua akses wilayah jika jadi pusat kegiatan yang berskala Nasional akan berdampak pula kemajuan yang di dapat dari wilayah tersebut, terbukti Desa Karungan Kecamatan Plupuh Sragen, setiap tahun di jadikan pusat latihan terjun payung.

Seperti beberapa waktu lalu pasukan Grup-2 Kopassus melakukan latihan terjun payung dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018.

Atas keberhasilan momen tersebut, saat di konfirmasi Joko Sunarso, SP selaku Kades Karungan mengungkapkan kegembiraannya, dimana acara tersebut desa karungan menjadi barometer pusat latihan yang berdampak positif. Desa semakin di kenal hingga tercetus ide mewacanakan tanah wisata edukatif.

Lokasi berada diatas tanah kas desa, yang akan di kelola Bumdes oleh masyarakat langsung, khususnya warga desa karungan. Apa saja yang ingin di bangun, Joko Sunarso sudah memiliki gambaran bersama para tokoh masyarakat, sepakat membangun pasar desa yang baru. Di fasilitasi los pasar, tempat parkir dan MCK.

Selain itu pengelolaan Bank sampah sudah berjalan, warga memisahkan sampah organik dan non organik yang kemudian di kelola hingga menjadi uang yang di tabung menjadi uang kas masyarakat.

Untuk pembangunan gapura di setiap permukaan jalan utama dan sudut kampung juga sudah di bangun menjadi ikon desa karungan. Pamsimas sudah terwujud dua titik, sedangkan selain infratukur talud serta pengerasan jalan, desa karungan memiliki prestasi juara 3 desa binaan PKK tingkat Kabupaten. Saat ini mewakili Sragen maju tingkat provinsi lomba pola asuh anak dan remaja tahun 2018.

Demikian sekilas wajah desa karungan, yang selalu siap membawa amanat UU Desa No.6 Tahun 2014 yang akuntabel, transparan dan profesional.

Kontributor: wanto

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.