Membuka Tirai Kebenaran

Lihat!! Kini Wajah Desa Mlale Makin Merekah

2 min read
Darjo Kades Mlale

Suasana pedesaan di Indonesia biasanya identik dengan jalan sempit dan berbatu. Data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat mencatat tidka kurang dari 40% desa di Indonesia memiliki akses jalan masuk yang belum layak.

Lintasindonews.com, Sragen — Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat menuju percepatan proses arus perekonomian antar wilayah dusun, antar desa dan antar kecamatan.

Kesadaran kolektif dalam pengelola potensi-potensi sumber daya lokal diwujudkan dengan hadirnya Bumdes. Mengacu UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, memberikan kesempatan bagi desa-desa untuk lebih maju, mandiri, dan sejahtera. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bersama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berupaya mewujudkan hal tersebut dengan mengembangkan program “Desa Inovasi” di berbagai wilayah di Indonesia.

Mengimplentasikan hal diatas tersebut, kini desa mlale kecamatan jenar kabupaten sragen juga tak ketinggalan. Desa yang di pimpin Darjo selaku Kades Mlale ini, selalu rajin mencari terobosan, baik Dana Desa ( DD ) , Alikasi Dana Desa ( ADD ) dan Pemasukan Asli Desa ( PAD ) telah di kemas sedemikuan rupa. Kini semua akses jalan sudah memenuhi kriteria desa yang maju dan berkembang.
Fasilitas wajah desa yang telah terwujud adalah pembangunan talud, jalan serta berdiri kokoh gapura dan pagar balai desa, rehab kantor dan ruang perpustakaan yang di lengkapi perangkat IT ( internet ) yang bisa di manfaatkan masyarakat berupa wifi.

Saat di wawancarai Darjo kades yang Jujur dan amanah ini selalu berkomitmen, desa mlale harus bebas tanah becek serta perekonomian warga makin meningkat, ungkap dia. Itulah sekilas profil wajah desa yang selalu guyub rukun seperti slogan bupati, membangun sukowati dengan kerukunan antar sesama.

Kontributor: Rian / Wanto 

Editor: Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.