Membuka Tirai Kebenaran

Desa Religius Guworejo, Idaman Masyarakat Beriman,Infratuktur Berkembang

2 min read
Kades Guworejo (foto: Rian)

Lintasindonews.com, Sragen — Desa Guworejo terletak di kecamatan karangmalang kabupaten sragen, termasuk desa yang memiliki beragam warna, baik budaya, adat istiadat maupun kegiatan organesasi masyarakat.

Namun masih kental dengan nuansa pulralisme, dalam kemasyarakatan antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam sistem kehidupan saling menghormati, dengan dasar sistem kekeluargaan.

Sebagian besar masyarakat hidup bertani bersifat homogen baik dalam hal agama, mata pencaharian, adat kebiasaan, atau kebudayaan, sifat hakikat masyarakat desa guworejo masih banyak bergotong-royong dan tolong menolong.  Sifat hakikat masyarakat mayoritas suka bekerja dan nilai tinggi terhadap kegiatan bekerja.

Desa Guworejo sendiri memiliki luas sekitar satu setengal mil persegi ( 400,9865 ha )’ mencakup 13 kumpulan dusun, yang terletak di sebelah selatan Kota Sragen sekitar kurang lebih 3 km. Dengan adanya program pemerintah semenjak di gelkntorkannya Dana Desa ( DD ), masyarakat desa guworejo sambut baik dana tersebut.

Kini desa bisa bebas berekspresi dalam membangun, mana saja yang perlu di prioritaskan bisa di usulkan melalui musrenbangdes hingga tersusun APBDes. Oleh masyarakat sendiri melalui tokoh masyarakat dan lembaga desa di bentuk TPK, sebagai pelaksana kegiatan.
Saat di konfirmasi Kades Guworejo Suroto menyampaikan, pembangunan sudah terealisasi merata di semua lini 31 RT, baik pengerasan jalan maupun talud.

“ Kami sebagai pihak pemerintah desa selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk desa kami, selain itu membangun rohani dengan pendidikan TPA, selain itu setiap adzan maghrib harus matikan TV dan anak sekolah wajib belajar, ” kata Kades bersahaja ini.

Dalam pantauan Media ini saat berkunjung ke desa ini di beberapa titik, memiliki empat embung sebagai strategi menuju desa wisata. Kini rmbung itu berfungsi sebagai budidaya ikan serta untuk pertanian. Embung tersebut diantaranya embung sumberejo luas 10.000 m”, Jimbung 4000 m”, Guworejo 3000 m” dan plosorejo 4000 m “.

Untuk kedepan desa Guworejo berharap ada investor yang mau masuk, dimana desa guworejo memiliki Letak geografis yang menunjang, yakni pasar desa dekat sekolahan dan kantor desa.

Dengan jalan kabupaten jalur utama menuju ke kecamatan gondang dan karangmalang. Itulah kiranya wajah desa guworejo, guyub rukun serta memiliki kandungan budaya dan karakteristik religius yang kuat dimana banyak tempat ibadah berfiri. 

Kontributor: Rian / Wanto 

Editor: Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.