Membuka Tirai Kebenaran

Desa Saradan BUMDes Dirikan Kios Desa

2 min read

 

 

lintasindonews.com, Sragen – Keberadaan badan usaha milik desa (BUMDes) dinilai sangat strategis memberdayakan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong pertumbuhan BUMDes di desa – desa yang ada di wilayahnya.

BUMDes adalah potensi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan juga semakin mendorong pengelolaan produksi lokal sehingga semakin bernilai jual.

Hal ini penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan pemerintahan desa setempat.

Dengan harapan bisa berkembang di satu desa jika masyarakatnya mendukung dan paham maksud serta tujuannya. Setidaknya bisa menggali potensi daerah untuk dikelola menjadi produksi yang memiliki nilai ekonomis.

Hal yang tak kalang penting dimana pemerintahan desa harus bisa mengelola masyarakat sebagai organisasi. “BUMDes ini diatur oleh UU Nomor 6/2014 tentang Desa, karena dia sebagai pelaku ekonomi yang mengelola potensi desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Seperti apa yang di ungkapkan Anis Tri Waluyo Kades Saradan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen menyampaikam gagasan dan ide yang telah di sepakati membuat kios pasar desa di selatan lapangan desa. Dengan harapan lokasi strategis bisa di sewa masyarakat desa saradan khususnya, kelak bisa meningkatkan perekomonian warga dan PAD desa saradan.

” Kami punya gagasan ini kelak masyarakat bisa memanfaatkan dan bisa menjadi sumber ekonomi, selain itu kami sudah sampaikan dalam rembuk bersama BPD dan lembaga lainnya, wacana kedepan memanfaatkan sumur dalam bukan hanya pertanian, namun juga untuk kolam renang dan kolam pemancingan, sebagai ikon di senelahnya didirikan gedung olahraga yang bisa menjadi sumber PAD, ” jelas Anis.

Sedangkan bidang pembangunan Anis menyampaikan infratuktur di desa saradan 90 % sudah hampir selesai, bahkan peningkatan mutu hot mix jalan desa, jelas dia.

 

Kontributor : Wanto – Rian

Editor : Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.