Membuka Tirai Kebenaran

Desa Slogo Tanon, Kini Wajah Desa Makin Cantik dan Berkembang

2 min read
Perangkat Desa Slogo saat di lantik

Lintasindonews.com, Sragen — Desa terus menjadi primadona pasca kelahiran UU No 6 tahun 2014 tentang Desa. Situasi ini jelas sangat menggembirakan sebab hingga penghujung kelahiran regulasi itu sebagian besar mata publik masih melihat sebagai isu pinggiran. Tak terbantahkan, isu desa mampu menyeruak ke ruang publik akibat redistribusi anggaran negara melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Kades Slogo Bintoro Adi Saputro, ST

DD dan ADD mengubah wajah desa semakin seksi. Alokasi DD sebesar 10 prosen dari jumlah transfer anggaran pusat ke daerah. Sementara, ADD ditetapkan sebesar 10 prosen dari pengeluaran belanja kabupaten. Besaran DD dan ADD membuat desa mengelola anggaran cukup besar, jumlahnya bervariasi tergantung jumlah penduduk dan letak geografis serta angka kemiskinan. Tak terkecuali Desa Slogo Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen juga menjadi sorotan utama kali ini, bagaimana tidak Desa yang di pimpin Bintoro Adi Saputro, ST ini cepat sekali dalam hal membangun. Kini wajah Desa Slogo menggeliat dan mengular dimana-mana. Jalan kampung maupun jalan poros desa sudah mengeras, baik cor maupun aspal.

Lapangan desa yang kini sudah rata
(Foto:Rian)

Selain infratuktur apa saja yang akan di lanjutkan? Saat tim media ini bincang-bincang dengan Bintoro begitu biasa ia di sapa, menyampaikan masih ada beberapa hal yang harus ia kerjakan. Dia sudah merencanakan untuk Gedung Bumdes segera akan di bangun, menurutnya Bumdes kedepan harus bisa berkembang.

” semoga kedepan Bumdes bisa segera berjalan dan yang terpenting adalah untuk pemberdayaan masyarakat, sesuai juklak juknisnya, ” ungkap Kades yang hobi sepak bola ini.

Selain itu hal yang nampak dalam kemajuan saat ini lapangan bola sudah selesai di perbaiki, baik talud lingkar lapangan maupun perataan urug tanah dengan anggaran Rp.100 juta dengan jelas di pasang papan nama pelaksanaan sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat umum. Kemudian rehab kantor ruang PADMA sudah selesai, dengan desain interior yang sangat menarik dan cantik.

Untuk kemajuan di bidang olahraga, sepak bola Piala Kades di lapangan Kalikobok beberapa waktu lalu PS Garuda Utama milik Pemuda Desa Slogo mendapat juara 1, inilah gambaran Kades muda dan berbakat, wajar jika desa slogo menjadi Desa favorit dalam hal sepak bola, sang kades sendiri adalah mantan pemain bola di PSIM kampus UUI yogyakarta tahun 2003.

Selain bantuan umum seperti DD dan ADD, berkat keuletan yang di kerjakan, siang dan malam tanpa kenal waktu Bintoro mampu mengucurkan bantuan dari Provinsi Jawa tengah tahun ini, sebesar  Rp.999 juta (hampir 1 milyar) untuk beberapa titik pembangunan yang tersebar disetiap kampung. Lengkap sudah pembangunan infratuktur yang selama ini selalu di dambakan masyarakat, hingga masyarakat bisa menikmati infratuktur yang baik dan berkualitas.

Kontributor: Wanto/Rian

Editor: Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.