Membuka Tirai Kebenaran

Desa Wates Pembangunan Makin Merata, Kini Siap Programkan Desa Inovatif

2 min read
Wahono, SE Kades Wates (foto: rian)

Lintasindonews.com, Boyolali, — Upaya mempercepat pembangunan pedesaan melalui penyedian prasarana dan sarana untuk memberdayakan masyarakat, serta pembangunan ekonomi desa yang efektif dan terjamin terus dilakukan. Maka itu Desa Wates Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali, melakukan pembangunan bersifat merata yang dirasakan masyarakat bersama.

Kompak selalu bersama perangkat desa dan tokoh
Foto: rian

Kepala Desa Wates, Wahono, SE mengatakan, bahwa dengan adanya penyedian prasarana dan sarana yang diberikan pemerintah pusat dan daerah melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) maka, desa bisa dengan sendirinya membangun perekonomian bagi masyarakat. Apalagi dengan didukung infrastruktur jalan maupun tempat kerja usaha seperti pemberdayaan yang bisa meningkatkan pendapatan warga desa.

Disebutkan Wahono, desanya kini tidak lagi mengeluhkan masalah jalan desa yang kerap kali rusak apabila di musim hujan.

“Sekarang jalan desa sudah dibangun jalan cor beton dan tidak menjadi keluhan mengenai jalan desa. Sudah lancar dan mulus dilalui,” ujar Wahono yang mengakui masih ada beberapa jalan yang belum tersentuh pembangunan.

Untuk itu, menurut Wahono di tahun yang akan datang, pihak desa masih memprioritaskan infrastruktur jalan. Karena jalan sangat dimanfaatkan baik itu petani maupun masyarakat lainnya.

Selain berbicara di infratuktur, kini Wajah Desa terutama kantor desa dan pendopo sudah berujung manis, pasalnya anggaran untuk pembangunan kantor desa DD dan ADD tidak di perbolehkan, namun Wahono dan para tokoh masyarakat tetap gigih membangun total kantor desa, yang berdiri diatas tanah 100 meter. Meski tertatih-tatih namun berupaya bagaimana caranya tetap berdiri walaupun PAD tergolong minim.

” Semua ini di dasari dengan niat yang tinggi, dulu pernah mengajukan namun fakta berbicara lain, kantor desa tetap kita perbaiki, ” jelas Kepala Desa yang ramah ini.

Sementara dalam mengapresiasikan program inovatif desa, desa wates telah membuat desain master plan sebagai wisata edukatif, yang meliputi water boom, serta menawarkan wisata reliji batu sendal.

Di lihat dari letak geografis desa wates di untungkan terletak di bawah gunung madu, yang kini memiliki wisata lembah madu, jika wisatawan ke lembah madu otomatis akan meneruskan ke desa wates untuk menikmati wisata selanjutnya.

Kini program itu kedepan bisa menggali potensi desa yang melibatkan masyarakat langsung melalui Bumdes.

Kontributor: wanto

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.