Membuka Tirai Kebenaran

Destinasi Wisata Pasar Tambak Desa Sribit, Kearifan Lokal Yang Harus di Lestarikan

2 min read

Pendapa Pasar Tambak Desa Sribit

SRAGEN, Budaya lokal di suatu daerah memang harus di jaga dan di lestarikan, begitu juga Keberadaan Pasar Tambak di Dukuh Tambak, Desa Sribit, Sidoharjo, Sragen.

Sudah tak asing lagi jika Pasar Tambak eksis sejak ribuan tahun silam, Pasar unik ini hanya beroperasi setahun sekali diproyeksikan menjadi wisata sejarah baru di Bumi Sukowati.

Jika menjelang momen sewindu yang menjadi puncak pasaran setiap tahunnya. Di lokasi pasar ini dikenal bertuah hingga saat peresmian Pendapa Padat Tambak ara pagelaran Wayang Kulit. Pendapa itu diresmikan oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, beberapa waktu lalu.

Sutaryo Kades Sribit, saat di wawancarai media lintasindonews.com beberapa waktu lalu

Saat bincang-binncang dengan Kepala Desa Sribit, Sutaryo mengapresiasi antusiasme warga dalam berperan mendukung perkembangan Desa Sribit. Terutama untuk mengenalkan Pasar Tambak menjadi destinasi wisata sejarah di Kabupaten sragen.

“Saya selaku Kepala Desa Sribit menilai budaya dan sejarah terkait dengan petilasan Eyang Tambak, tak lepas dari berdirinya sejarah bumi sukoeati yang sangat melegenda, “ucapnya.

Masih lanjut kata Sutaryo, peran masyarakat dan antusias masyarakat sangat berpengaruh, dalam mengembangkan serta mengenalkan Pasar Tambak untuk menjadi destinasi pariwisata sejarah.

“Saya sangat berharap perayaan Pasar Tambak yang digelar setahun sekali, selalu mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten, “tukasnya.

Dengan begitu Sutaryo dan Pemdes sangat berharap ritual itu bisa menjadi perayaan tahunan, dan kalender wisata agar bisa menarik wisatawan dan mendatangkan pendapatan asli desa (PAD).

“Semoga kedepan destinasi wisata pasar tambak menjadi pusat perhatian pemerintah hingga ke pusat, karena pasar tambak adalah kearifan lokal yang harus di pertahankan, “pungkasnya. Red

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social