Membuka Tirai Kebenaran

Di Era Kerajaan Majapahit, Irigasi Telah Maju, Contohnya Kolam Segaran

1 min read

LINTADINDONEWS.com, MOJOKERTO –Kolam Segaran di Trowulan, Kabupaten Mojokerto disebut sebagai salah satu bukti kejayaan Kerajaan Majapahit pada zamannya. Dulu, kolam purbakala ini menjadi salah satu waduk untuk mengairi lahan pertanian.

Kolam Segaran terletak di Dusun Unggahan, Desa/Kecamatan Trowulan. Jaraknya hanya sekitar 200 meter di sisi selatan jalan nasional Surabaya-Madiun.

Kolam peninggalan Majapahit ini lumayan luas. Yaitu mencapai 6,5 hektare. Panjang Kolam Segaran 375 meter, sedangkan lebarnya 175 meter. Tembok keliling kolam tersusun dari bata merah. Ketebalan temboknya 1,6 meter dan tingginya 2,88 meter.

“Kolam Segaran ini dulunya tertutup tanah. Pertama kali ditemukan oleh Ir Maclaian Pont dari Belanda pada tahun 1926,” kata Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho kepada wartawan, Sabtu (25/1/2020).

Ia menjelaskan, Kolam Segaran pertama kali dipugar pada 1966. Pemugaran lebih masif dilanjutkan tahun 1974-1984. Sehingga situs purbakala ini berwujud seperti saat ini.

“Menurut cerita rakyat dan berita Cina, fungsi Kolam Segaran pada zaman Majapahit untuk rekreasi dan menjamu tamu dari luar negeri,” terang Wicaksono.(Seno)

 

Sumber: detikcom

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan (alenia pertama pembukaan UUD 1945)”

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.