Sel. Okt 15th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Di Nilai Rugikan Negara, Aset Desa Tidak di Kembalikan Kades Sangsinya Pidana

1 min read

SITUBONDO, LINTASINDONEWS.com – Terkait adanya aset Desa yang belum dikembalikan. Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) Kabupaten Situbondo Yogie Kripsian Syah S.STP.Msi, mengatakan bahwa aset Desa tersebut sejak enam bulan kedepan ini sudah diperingati oleh Badan Permusyawaratan Desa(BPD) dan harus dikembalikan lagi ke Desa sampai berakhirnya masa jabatan Kepala Desa.

“Terkait aset yang harus dikembalikan, Kepala Desa sudah diperingati oleh BPD sejak enam bulan kedepan agar segera dikembalikan karena itu tanggung jawab kepala desa, serta wajib yang dilakukan kepala desa sebelum berakhir masa jabatannya,” kata Yogie kepada awak media di Kantor Pemkab Situbondo, Selasa (1/10).

Kalau ada kepala desa , lanjut Yogie ,yang tidak melakukan pengembalian aset desa maka ada prosedur sangsi yang akan diberikan pada kepala desa tersebut.

“Kita juga mempertimbangkan apakah Calon Kepala Desa Petahana yang mencalonkan diri lagi kita pertimbangkan dan kita umumkan bahwa Calon Kepala Desa tersebut belum melaksanakan kewajibannya sehingga menjadi pertimbangan kepada masyarakat untuk memilihnya kembali. Dan jika kepala desa belum mengembalikan aset setelah berakhir masa jabatannya, akan diberi sangsi,” jelas Yogie.

Sangsi tegas tersebut mulai sangsi administrasi, sampai sangsi pemberhentian bahkan kalau sampai ada kerugian negara, sangsi Kepala Desa bisa berlanjut ke pidana. (irwan)

Sumber: Mutiaraindotv.com

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.