Membuka Tirai Kebenaran

Dokumen Rencana Pengembangan Desa Wisata Punjulharjo, Menuju Desa Wisata Berdaya Saing

2 min read

REMBANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN )Tematik dari Undip di Desa Punjulharjo Kecamatan Kota Rembang, telah menyusun Dokumen Rencana Pengembangan Desa Wisata Punjulharjo.

Dokumen rencana ini sejatinya telah disusun sedemikian rupa berdasarkan potensi dan permasalahan yang ada di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, ( 07 /11 /20 ).

Dokumen Rencana Pengembangan Desa Punjulharjo ini memiliki 4 pokok bahasan. Bahasan pertama yaitu gambaran umum yang berisikan kondisi desa Punjulharjo terkini. Kedua membahas terkait potensi dan masalah yang ada. Bahasan 3, yaitu terkait isu permasalahan. Dan bahasan terakhir adalah konsep pengembangan yang di dalamnya terdapat dua garis besar yang disusun yaitu justifikasi konsep dan implementasi program.

Menurut Meuvia Callista salah satu mahasiswa KKN, pembuatan dokumen rencana pemgembangan ini memiliki tujuan yang cukup penting bagi Desa Punjulharjo terkait pengembangan desa.

“Tujuan Pembuatan Dokumen Rencana Pengembangan Desa Wisata Punjulharjo adalah untuk memetakan potensi masalah yang ada di desa, sehingga nantinya bisa menjadi salah satu acuan pembangunan desa untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan memaksimalkan potensi desa ,” ujar Mevi.

Selain itu dari pihak desa yang diwakilkan oleh Ubaidillah juga mengapresiasi adanya Dokumen Rencana Pengembangan Desa Wisata Punjulharjo ini.
“Ada hal-hal penting yang saya ambil dari dokumen ini termasuk Peraturan Desa tentang lingkungan, memang harus segera terealisasi ketika kita berbicara tentang regenerasi.” Ujar Ubaidillah selaku Sekretaris Desa.

Dari Dokumen Rencana Pengembangan Desa Wisata ini, kemudian dilakukan implementasi program nyata yang diantaranya peremajaan cemara laut, pembuatan denah wisata Desa Punjulharjo, pembuatan company profile KJB, dan pembuatan rekomendasi Perdes tentang lingkungan hidup dan potensi desa. ( Insan )
Editor: Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.