Rab. Nov 20th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Geliat Kampanye Pilkades Patihan Sidoharjo, Tri Mulyono Cakades Nomer Urut 2: Holopis Kuntul Baris !!

2 min read

SRAGEN, LINTASINDONEWS.com – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, 26 september 2019 mendatang, Kabupaten Sragen, Calon Kades yang sudah mendaftarkan diri dan menyiapkan visi dan misi, salah satunya adalah calon Kades petahana dari Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tri Mulyono (43) dengan nomer urut 2, menyatakan siap membangun Desa Patihan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

Tri Mulyono yang akan berkompetisi untuk memperebutkan kursi jabatan tertinggi Desa Patihan, dengan menaiki traktor mengelilingi Desa Patihan dan mohon doa restu kepada warga masyarakat, untuk mendukung dan memilih nomor 2 dalam pemungutan suara pada hari Kamis tanggal 26 September 2019 mendatang.

Dalam Visi dan Misinya Tri Mulyono Menyampaikan Ada beberapa hal yang harus dia lakukan untuk mewujudkan Visinya, yakni:

1. Pemerintah Desa Patihan sebagai abdi masyarakat harus
mampu mengayomi dan memberikan pelayanan yang terbaik,
jujur, berkeadilan dan terbuka seluas-luasnya bagi
kepentingan seluruh warga Desa Patihan.

2. Menciptakan kenyamanan dalam proses pelayanan masyarakat dengan pelayanan terbaik, jujur, transparan, dan
berkeadilan bagi seluruh masyarakat. Contoh: Bahwa tanah hak milik di Desa Patihan masih banyak yang berupa leter C dan Alhamdulillah kita sudah mendapat rekomendasi dari BPN untuk penyertifikatan tanah leter C tersebut melalui program PTSL dari pemerintah.

3. Melibatkan prinsip demokrasi dalam pengembangan kelembagaan, partisipasi peran aktif masyarakat (tokoh masyarakat, perempuan, maupun pemuda) dan BPD serta lembaga lainnya dalam arah dan tujuan serta kebijakan – kebijakan di segala bidang untuk tercapainya pemusyawaratan pemufakatan demi kemaslahatan hajat hidup masyarakat Desa Patihan.

Sementara itu Larso (47) dan rekan-rekan, sebagai Tim sukses Kemenangan Tri Mulyono sejak kemarin sudah mempersiapkan sound system, dan mengumpulkan Ribuan masa pendukung nomer urut 2 ini. Ribuan masa yang ikut kampanye mengelilingi Desa Patihan pun berjalan baik.

Olo Tanpo Rupo Yen Tumandhang Amung Sedelok” Setiap kesusahan, keburukan, dan masalah-masalah apabila dijalani dengan senang hati maka akan hanya terasa sebentar saja, “ ujar Larso.

Ojo Waton Ngomong Ning Yen Ngomong Sing Gawe Waton” Jangan hanya sekedar bicara, namun apabila bicara harus bisa dibuktikan, Yen Duit ora duwe tapi Yen kebutuhan opo- opo biso,” ucap Larso lagi.

Diakhir pembacaan Visi dan Misi Tri Mulyono menyampaikan, dia tidak akan banyak janji, tapi bukti dan kerja nyata dan transparansi, kemudian dia melanjutkan membaca Sebuah Pantun “HOLOPIS KUNTUL BARIS

“Jangan Lupa pilih Tri Mulyono Nomer 2 Calon Kepala Desa Patihan,” Urai Tri Mulyono.

Filosofi makna yang terkandung, menurut Tri Mulyono, Holopis kuntul baris merupakan peribahasa Jawa yakni Saiyeg saeka praya. Artinya bekerja dengan gotong royong. Itu yang hampir semua anak bangsa negeri ini memahami makna kalimat tersebut.

Holopis Kuntul Baris sendiri berasal dari Bahasa Jawa, yang kurang lebih berarti tolong menolong dan gotong royong.

Tercetusnya slogan ini diketahui sejak tahun 1960an, ia sering disuarakan ketika masyarakat sedang bersama-sama mengerjakan sesuatu yang berat.

Mereka akan beramai-ramai mengucapkan slogan tersebut dengan keyakinan, bisa meringankan beban yang ditanggung. Selama orde lama, kata-kata ini juga dipopulerkan oleh Bung Karno dalam pidato-pidatonya.

“Maknanya kurang lebih sama, mengajak masyarakat untuk bahu-membahu untuk saling membantu, ” Pungkas Tri Mulyono mengakhiri Orasinya.

Penulis: Warsito

Editor: Rian

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.