Membuka Tirai Kebenaran

Keunikan Generasi Millenial Yang Hedonis

3 min read
Generasi Milenial dalam arti sebenarnya, adalah generasi yang memiliki keragaman teknologi. Yakni mereka yang hidup di masa kecil dengan teknologi modern, jika generasi old hidup tanpa teknologi canggih.   
    Generasi jaman now

OPINI, Mungkin anak yang lahir dalam golongan Millenial, tak akan pernah merasakan nikmatnya nonton Televisi hitam putih. Hidup tanpa gadget, tanpa game dan tak pernah merasakan nikmatnya bermain congklak, petak umpet yang mengasyikkan.

                       Generasi millenial 

Mereka di cekoki beban yang begitu berat, hingga tak terasa sejak dini penglihatan mereka tergerus oleh silau layar gadget, laptop dan pikiran negatif lainnya. Dampak dari media sosial yang begitu nampak, merasuki jiwa mereka, bila tanpa benteng iman yang kuat.

Ilustrasi Anak zaman now

Usia berapakah rata -rata anak Milenial ? Yang lahir menginjak usia 14 hingga 34 tahun, mungkin kini sudah banyak generasi Milenial menikah. Budaya dan cara pandang mereka juga beda dengan generasi old.

Selalu move on

Selain itu,generasi Millennial adalah terminologi generasi yang saat ini banyak diperbincangkan oleh banyak kalangan di dunia diberbagai bidang, apa dan siapa gerangan generasi millennial itu?.

Cewek millenial

Millennials (juga dikenal sebagai Generasi Millenial atau Generasi Y) adalah kelompok demografis (cohort) setelah Generasi X. Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir diantara tahun 1980 an sampai 2000 an sebagai generasi millennial.

Contoh Ilustrasi refleksi perasaan kaum millenia

Studi tentang generasi millenial di dunia, terutama di Amerika, sudah banyak dilakukan, diantaranya yang studi yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) bersama University of Berkley tahun 2011 dengan mengambil tema American Millennials: Deciphering the Enigma Generation. Tahun sebelumnya, 2010, Pew Research Center juga merilis laporan riset dengan judul Millennials: A Portrait of Generation Next.

Suka aplikasi hiburan

Dibanding generasi sebelumnya, generasi millennial memang unik, hasil riset yang dirilis oleh Pew Researh Center misalnya secara gamblang menjelaskan keunikan generasi millennial dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Yang mencolok dari generasi millennial ini dibanding generasi sebelumnya adalah soal penggunaan teknologi dan budaya pop/musik. Kehidupan generasi millennial tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama internet, entertainment/hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi ini

Si kecil doyan selfie

Dalam konteks Indonesia hal yang sama juga terjadi, hasil survei yang dilakukan Alvara Research Center tahun 2014 menunjukkan Generasi yang lebih muda, 15 – 24 tahun lebih menyukai topik pembicaraan yang terkait musik/film, olahraga, dan teknologi.

Sementara generasi yang berusia 25 – 34 tahun lebih variatif dalam menyukai topik yang mereka perbincangkan, termasuk didalamnya sosial politik, ekonomi, dan keagamaan. Konsumsi internet penduduk kelompok usia 15 – 34 tahun juga jauh lebih tinggi dibanding dengan kelompok penduduk yang usianya lebih tua. Hal ini menunjukkan ketergantungan mereka terhadap koneksi internet sangat tinggi.

Suka berbau romantis

Pandangan Keagamaan, Religion Beliefs
Jumlah penduduk muslim di Indonesia merupakan yang terbesar di didunia, meski demikian ternyata Indonesia lebih memilih demokrasi sebagai sistem bernegaranya dibanding sistem kenegaraan yang berdasarkan agama. Prinsip inilah yang dipegang teguh oleh para pendiri republik ini, bahwa sebagai bangsa dan negara kita perlu mendasarkan pada asas dan dasar negara yang melindungi setiap warga negara apapun asal usul dan latar belakangnya, dan dasar negara itu kita sepakati adalah Pancasila.

Keluarga millenial

Karena itu penting untuk memotret bagaimana pandangan keagamaan pemuda apakah konservatif, moderat, atau sekuler, apa pandangan pandangan pemuda tentang hubungan agama dan negara. Apakah ada pergeseran pandangan keagamaan pemuda dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Suka berpose aneh saat ada momen penting

Gaya Hidup, Teknologi, dan Internet, Lifestyle, Technology, and Internet
Gaya hidup anak muda yang cenderung hedonis terutama dikota-kota besar sudah menjadi rahasia umum, mereka memiliki cara tersendiri untuk meluapkan ekspresi mereka, dunia hidup mereka tidak bisa lepas dari hiburan dan teknologi terutama internet.

Inspirasi berbagai sumber

Penulis : Rian Hepi

 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social