Membuka Tirai Kebenaran

Guntur H.S, S.Pd Kades Klego Inginkan Desa Klego Menjaga Budaya Jawa

2 min read
Kades Klego saat berpose dengan model

Guntur H.S Kades Klego Inginkan Desa Klego Menjaga Budaya Jawa

LintasIndoNews.com, Boyolali – Desa Klego adalah sebuah Desa yang ada di kecamatan Klego Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Desa Klego juga menjadi nama kecamatan yang terletak di bagian utara Kabupaten Boyolali. Klego terletak di jalan antara Simo dan Karanggede.

Kades Klego Saat santai di ruang kerja

Daerahnya sebagian besar agraris dan didukung dengan kemajuan kecamatan yang lama kelamaan menjadi pusat perekonomian dimana terdapat pasar dan pusat perdagangan lainnya. Sebelah selatan klego terdapat bendungan/ waduk yang dapat mengairi sebagian besar sawah di kecamatan Klego, Andong dan sekitarnya. Selain itu juga merupakan area untuk wisata lokal dan tempat pemancingan bagi warga di sekitar Klego bahkan dari luar daerah.

Kompak bersama perangkat desa

Saat di konfirmasi Kades Klego Guntur H.S, S.Pd di kediamannya beberapa waktu lalu, berharap kedepan Desa Klego menjadi pusat barometer wisata lokal boyolali utara, mengingat jalur wisata Klego arus lalu lintas menuju Waduk Kedungombo jadi bisa singgah terlebih dahulu di Desa Klego, sebagai pelengkapnya Guntur ingin melestarikan budaya Jawa, sebagai ikon desa yang ramah penduduknya, halus tutur katanya sehingga banyak pendatang yang terkesan akan keramahan penduduk.

Untuk itu Guntur telah mempersiapkan diri bersama tokoh masyarakat guna memberi les tambahan bagi anak-anak dalam belajar bahasa Jawa yang benar. Mengingat Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan penduduk Suku bangsa Jawa baik yang berada di Jawa Timur, Jawa Tengah Yogyakarta bahkan yang berada di luar Jawa bahkan di luar negeri seperti di Suriname, Malaysia, hingga ke Belanda. Boleh dikatakan suku bangsa Jawa ini kreatif dan taat menjalankan tradisi yang dianutnya serta kuat prinsipnya untuk mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa. Bahkan dari sisi linguistik kebahasaan ternyata bahasa Jawa memiliki tingkatan peradaban yang tiada duanya dengan bahasa-bahasa lain di dunia.

Itulah harapan yang sangat di inginkan oleh Sang Kades Klego yang ramah kepada siapapun ini, dengan harapan desa Klego tidak hanya membangun sarana fisik saja namun juga membangun bidang pemberdayaan, melalui bahasa yang sekiranya bisa membangun etika dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam pantauan media ini Desa Klego secara infrastuktur telah mengular cantik pembangunan, hingga merata di setiap sudut kampung, jika masih ada yang belum tersentuh hanya sedikit saja dan akan segera di penuhi. Itulah manfaat Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) bagi Desa Klego, dan tahun ini juga siap menjalankan BUMDes yang di bawahi BUMADes (Badan Usaha Masyarakat Desa) se-Kecamatan Klego.

” Harapan kami desa Klego menjadi lebih baik lagi, sehingga terwujud menjadi desa yang ramah kepada siapapun, ” ungkap Guntur optimis. (Rian)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.