Membuka Tirai Kebenaran

Hari Santri Nasional, LPBI PCNU Ponorogo Gelar Kegiatan Dengan Tema, Santri Sehat Indonesia Kuat

1 min read

LPBI PCNU Ponorogo

 

PONOROGO -Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Ponorogo menggelar rangkaian kegiatan yang bertajuk “Santri Sehat Indonesia Kuat” di Wisata DAM Cokromenggalan Ponorogo, Sabtu 24 Oktober 2020.

Ini dilakukan dalam rangka Hari Santri Nasional dan Bulan Bhakti Pengurangan Resiko Bencana. Gelaran diisi bermacam – macam kegiatan, yakni genduri sungai, penanaman pohon, deklarasi sungai tanpa sampah, bersih sungai, penebaran ikan, bagi masker, dan bagi vitamin.

“Di sini LPBI mengurangi potensi bencana dan mempersiapkan masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana”, ujar Novi Tri Hartanto, Ketua LPBI PCNU Ponorogo.

Penebaran 10 ribu benih ikan tawes, yang dipilih karena sifatnya kuat di arus deras dan tidak mudah dipancing.
LPBI PCNU Ponorogo tidak bergerak sendiri, tapi menggandeng elemen – elemen terkait, diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo, BPBD Ponorogo, Polres Ponorogo, Kodim Ponorogo, Pemerintah Kecamatan, Banom PCNU Ponorogo, Pramuka, STAIN Ponorogo, dan RSU Muslimat Ponorogo.

“LPBI motor penggerak, tidak bisa sendiri, bergerak secara kolektif menggandeng pihak terkait. Di sini kita melibatkan birokrasi, ormas atau relawan, dan pengusaha”, jelas Novi.

Bersih sungai merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Santri Nasional dan Bulan Bhakti Pengurangan Resiko Bencana ini.
Kegiatan yang dilakukan LPBI ini diapresiasi oleh masyarakat. Mbah Wadi dari Komunitas Kebo Bule berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut karena memang sangat diperlukan oleh masyarakat. (Habib )

Editor : yoel

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.