Membuka Tirai Kebenaran

Haul Joko Tingkir yang ke 438 Besok Digelar

1 min read

KRAT. Dr H Andi Budi Sulistijanto, SH M kom. Penasehat Keraton Pajang di dampingi Kasultanan Keraton Pajang Pengageng Sultan Prabu Hadiwijaya Kalifatullah IV

LINTASINDONEWS.com, SUKOHARJO –  Kasultanan Karaton Pajang bsk pagi adakan haul Joko Tingkir yang ke 438 (Sultan Hadiwijaya) yang rencana akan dihadiri Bupati Sukoharjo, H. Wardoyo Widjaja, SH.MH. “”Acara haul ini nanti akan di hadiri santri dari Ponpes Ad-Dhuha dengan rangkaian acar solawatan dan dzikir bersama,”” jelas KRAT. Dr.H. Andi Budi Sylistijanto, SH.M.ikom Wakil Ketua LAKPESDAM NU kepada wartawan di dampingi Pengageng Kasultanan Karaton Pajang Sultan Prabu Hadiwijaya Kalifatuallah IV di Karaton Pajang Sabtu (8/2/2020).

Dikatakan acara Haul ini menurut Andi menepis anggapan bahwa adanya kerajaan kerajaan yang muncul, saat ini tidak sesuai dengan tatanan dan aturan Kraton pada umumnya.

Desember lalu didirikan masjid Agung dan mengembangkan karaton menjadi pusat budaya untuk melestrikan adat budaya dan nguri uri kabudayan jawa. “” Ini penting sebagai peradaban berdirinya NKRI agar anak cucu kita mengetahui adanya budaya di karaton ini,'” jelasnya.

Tata cara ritual,  tidak lepas dari kerajaan lama dan majapahit. Joko Tingkir mantu Prabu Trenggono haul menjadi penting bagi kasultanan pajang untuk.melestarikan budaya. “”Acara Haul itu dilaksanakan tiap tahun “”. (Suci)

 

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan (alenia pertama pembukaan UUD 1945)”

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.