Membuka Tirai Kebenaran

Ini Perbedaan Remaja Milenial VS Dewasa Milenial

1 min read

Model Septi Isti Wulandari

SERBA-SERBI, Banyak yang salah mengira, bahwa generasi milenal adalah mereka yang masih berusia 20-an tahun.

Padahal, generasi milenial adalah mereka yang lahir mulai tahun 1980 hingga 2000, atau yang saat ini berusia 37 tahun masih bisa disebut sebagai generasi milenial.

Seperti yang dijelaskan oleh Untung Subroto Dharmawan, psikolog klinis dari Universitas Tarumanegara, generasi milenial bisa dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu dewasa awal dan remaja akhir.

“Usia 21 hingga 37 tahun masuk sebagai dewasa awal, lalu usia 17 hingga 21 tahun adalah remaja akhir,” jelasnya pada sebuah acara yang diselenggarakan di bilangan SCBD, Jakarta.

Tahap usia dewasa awal yaitu 21 tahun hingga 37 tahun ditandai dengan mereka yang telah mendapatkan achievement dirinya, mulai menentukan tujuan hidup, dan sudah mulai berumah tangga.

Sementara itu, tahap remaja akhir atau mereka yang berusia 17 hingga 21 tahun biasanya masih bergantung pada orang tua, cenderung lebih ingin bebas, dan sangat mudah dipengaruhi oleh role model.

Generasi milenial sendiri juga identik dengan mereka yang lekat pada penggunaan sosial media, baik jejaring pertemanan maupun penggunaan berbagai aplikasi sebagai tanda eksistensi diri.

“Karena tuntutan eksistensi diri tersebut, generasi milenial juga umumnya lebih memperhatikan diri dan penampilan mereka,” jelas Untung.

• Telah tayang di nova.grid.id dengan judul Bedanya Generasi Milenial yang ‘Remaja’ dan ‘Dewasa’, Lihat dari Usia dan Perilakunya

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.