Membuka Tirai Kebenaran

Jika di Perhatikan Pemerintah, Sumur Jolotundo Juwangi Bisa Jadi Destinasi Wisata Indah

2 min read

Lokasi kolam di area sumur jolotundo juwangi, Sabtu (6/7)

LintasIndoNews.com | Boyolali – Berada di pinggir jalan raya Juwangi, jalan yang menghubungkan Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Grobogan, tepatnya satu halaman / komplek dengan Kantor Desa Juwangi Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, terdapat sumber mata air Sumur Jolotundo. Sabtu (6/7)

Dahulu kala, menurut warga penduduk setempat sebut saja Muhbib (40), menyampaikan konon kabarnya di diarea tersebut ada dua sumber mata air yang lokasinya berdekatan, yang masing – masing berada dibawah pohon besar dinamai Sumur Jolotundo, kemudian Pihak Kerajaan didirikan bangunan, yang mana sumur yang satu digunakan untuk mandi para keluarga kerajaan atau yang disebut dengan sumur pemandian.

Kantor desa juwangi tampak dari depan

“Sumur itu terbagi menjadi dua yang satu pemandian khusus wanita atau yang disebut dengan pemandian keputren, sedang yang satu lagi khusus buat kaum laki – laki. Sementara ada lagi satu sumur yang digunakan khusus untuk mensucikan atau membersihkan pusaka – pusaka kerajaan,” Urai Muhbib.

Muhbib juga bercerita, ditempat tersebut pernah dicoba dijadikan obyek wisata, seperti arena pemancingan ikan dan itu berjalan tidak lama yang kemudian sepi tidak ada pemancing ikan lagi.

Lokasi pemandian sumur jolutundo

“Akhirnya tempat tersebut dibiarkan tidak terawat hingga sekarang mas,” Jelas Muhbib.

Sementara menurut Darwanto (60) warga yang membuka usaha berjualan makanan dan minuman (warung wedangan) membenarkan keterangan dari Muhbid tetangganya itu, dan dia menyayangkan kenapa tempat seindah itu tidak dimanfaatkan untuk sumber penghasilan terutama Pemerintah Desa Juwangi sebagai Destinasi Wisata.

“Jika dikelola dengan baik diyakini mendatangkan devisa baik bagi PAD desa yang tentu saja bisa berdampak kesejahteraan warga sekitar, jika obyek wisata tersebut ramai dikunjungi orang atau para wisata, dan tentu saja kami sebagai warga disekitar sini sangat bangga jika lokasi sumur jolotundo, selalu ramai dikunjungi orang, karena tempatnya sejuk, nyaman dan aman, ” Ungkap Darwanto penuh harap. (seno)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.