Sab. Des 14th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Perawat Puskesmas Ngrampal, Raih Juara 1 Inovasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Jateng

1 min read

LINTASINDONEWS.com Ida Setyaningrum (36) tak menyangka program Papilamis (Paguyuban Pijat Lansia dengan Minyak Sereh) yang dirancangnya memenangi kompetisi Inovasi Pelayanan Kesehatan tingkat Jawa Tengah.

Progam itu terinspirasi banyaknya kaum lanjut usia (lansia) yang memeriksakan diri ke Puskesmas Ngrampal, Kabupaten Sragen.

Mereka mengeluh badan pegal-pegal tanpa sebab.

“Jadi diobati kumat lagi datang ke puskesmas lagi. Padahal hasil cek di laboratorium itu normal,” kata Ida, Selasa Pegel linu atau Myalgia, kata Ida, sering dialami hampir 60 persen lansia berusia 60 ke atas.

Berdasar fenomena tersebut, Ida berikut para perawat puskesmas setempat merancang pengobatan alternatif.

Mereka bersepakat menggunakan bahan baku tanaman sereh untuk mengurangi rasa pegal yang diderita para lansia.

“Kami memberdayakan masyarakat perihal pengguna tanaman sereh dipergunakan untuk memijat. Sebenarnya di Dukuh Ngablak yang kami bina ini ada banyak tanaman sereh, tapi masyarakatnya belum tahu manfaatnya,” ujar dia.

Tanaman sereh dimanfaatkan untuk pijat lansia sebagai pelemas otot, menyembuhkan radang sendi, meredakan otot tertarik hingga menghilangkan rasa lelah.

“Caranya mudah tanaman sereh ditumbuk, lalu dicampur dengan minyak, bisa minyak goreng, baby oil minyak kelapa lalu diurutkan ke bagian yang sakit,” lanjut Ida.(seno)

Sumber: tribunnews.com

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.