Membuka Tirai Kebenaran

Ketua Umum Yayasan Forum Budaya Mataram BRM kusumo Putro SH MH, Inginkan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia Tetap Lestari Selamanya

2 min read

LINTASINDONEWS.com, SOLO – Kusumo bercerita kepada wartawan lintasindonews.com melalui whats App pribadinya, pekan lalu, Indonesia adalah sebuah negara yg didalamnya dihuni oleh masyarakat yang berbudaya dengan berbagai kearifan lokal yang beraneka ragam di seluruh penjuru tanah air.

Negeri dengan 17.500 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote dengan bahasa daerah, suku, kesenian tradisional, flora dan fauna dan jumlah Pulau yg terbanyak dan paling lengkap di dunia.

Kusumo menambahkan, negeri dua musim dengan intensitas hujan yang tinggi setiap tahunnya maka, menjadikan negeri Indonesia sangat subur tanahnya dengan sumber alam yang sangat berlimpah, oleh karena itu, negeri ini menjadi incaran bangsa lain di dunia untuk menguasainya.

Masih dari Kusumo, kearifan lokal dan budaya yang ada di negeri ini merupakan satu satunya alat Pemersatu Bangsa selama ini.

Lanjut Kusumo, budaya dan kearifan lokal merupakan roh bangsa ini sejak ribuan tahun silam.

“Marilah tetap kita jaga dan lestarikan bersama budaya dan kearifan lokal yg ada jangan sampai siapapun merusak, bahkan berusaha menghilangkan keberadaannya dari Negeri kita tercinta ini, “ajaknya dengan penuh harap.

Sementara budaya dan kearifan lokal juga merupakan ciri khas bangsa, sejak ribuan tahun silam jauh sebelum republik ini berdiri serta merupakan alat pemersatu untuk Kerukunan seluruh rakyat indonesia.

“Oleh karena itu, kita perlu bangga dengan budaya dan kearifan lokal milik bangsa kita sendiri karena, udaya dan Kearifan Lokal bangsa Indonesia adalah yang Terbaik Di Dunia, “Ucapnya. 

Ia mengajak, budaya dan kearifan lokal bangsa untuk dipertahankan dengan segenap Jiwa dan raga.

Disisi lain adalah cara yang paling mudah untuk mempora-porandakan dan Menghancurkan sebuah negara dan bangsa adalah dengan menghancurkan budaya dan kearifan lokalnya.

“Maka kita harus selalu waspada,  dan selalu berusaha untuk nguri  – nguri semua budaya yang ada di negeri ini, salam Budaya dan kearifan lokal, “pungkas Kusuma. 

Editor: seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.