Membuka Tirai Kebenaran

Ketua Umum Yayasan Forum Budaya Mataram Kusumo, Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Bangsa

1 min read
Koleksi keris milik Kusumo

LINTASINDONEWS.com, SOLO – Tokoh masyarakat Kota Solo juga Ketua Umum Yayasan Forum Budaya Mataram BRM kusumo Putro. SH. MH kepada wartawan LINTASINDONEWS.com belum lama ini mengatakan, Ia selalu berusaha melestarikan berbagai budaya lokal, di negeri inI,  yang bertujuan agar karya para budayawan yang telah tercipta dinegeri ini, jangan sampai punah, apalagi diklaim negara lain.

“Saya sangat tidak setuju mas ” karena hasil karya budaya itu tidak mudah, dan itu menunjukan kemampuan atau skiil para leluhur terdahulu, “jelas Kusumo. 

Lebih lanjut  Kusumo bercerita, pada tahun 2008 Malaysia klaim Keris sebagai Warisan Budaya Leluhur Bangsa mereka, Walaupun Akhirnya UNESCO dan Dunia International mengakui bahwa Keris adalah warisan Budaya Asli Indonesia.

” Ada beberapa Kebudayaan Asli Indonesia yang di Klaim oleh perintah Malaysia dan anehnya, pemerintah Indonesia hanya diam saja waktu itu, “urainya.

Kemudian Kusumo menyampaikan rasa prihatinnya tentang budaya ini , menurut dia warisan budaya harus di selamatkan kelestariannya. 

” Kita selaku pewaris budaya merasa prihatin, dan marilah kita selalu menjaga dan bersama-sama menyelamatkan warisan budaya dan kearifan lokal asli bangsa kita. Supaya nantinya tidak diaku oleh negara lain, salam budaya dan kearifan lokal, “Pungkas Kusumo.

Editor: Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.