Membuka Tirai Kebenaran

Kinerja Penyuluh Pertanian pada Kelompok Tani Padi Sawah

2 min read

LINTASINDONEWS.com, Sebelum mengetahui kinerja dari penyuluhan pertanian, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu arti dari penyuluhan pertanian.

Menurut DRH mukhsin Penyuluhan Pertanian adalah suatu usaha untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan meningkatkan hasil usahanya dalam bidang pertanian .

Melalui penyuluhan Pertanian, masyarakat khususnya para petani juga dibekali dengan ilmu pengetahuan, ketrampilan, pengenalan paket teknologi dan inovasi baru di bidang pertanian dengan usahanya, penanaman nilai-nilai atau prinsip agribisnis, mengkreasi sumber daya manusia dengan konsep dasar IPDMIP, filosofi rajin, kooperatif, inovatif, kreatif dan sebagainya.

Salah satu contoh penyuluhan pertanian SL IPDMIP (Program Peningkatan Pendapatan Pertanian Beririgasi Dinaa Ktahanan Pangan dan Penyuluhan) Kabupaten aceh timur.

Dilaksanakan di kecamatan idi tunong pada 3 titik lokasi SL IPDMIP, yaitu di desa seunebok jalan, desa bantayan barat dan desa keude keumuneng. Dengan jumlah kelompok tani yang terlibat 18 kelompok, yang wilayah terairi irigasi.

Tujuan dari penyuluhan pertanian ini antara lain, yaitu menentukan potensi suatu wilayah di kecamatan idi tunong dengan konsep KKP (kajian kebutuhan dan peluang) untuk meningkatkan hasil pertanian, memberikan informasi tentang inovasi dari teknologi pertanian kepada para petani, menumbuhkan minat para petani terhadap kelembagaan pertanian, meningkatkan kapasitas dalam kelompok tani, meningkatkan kesejahteraan terhadap petani (meningkatkan produksi pertanian), mengembangkan kelembagaan petani dan meningkatkan akses pelaku utama terhadap info pasar.

Setelah mengetahui tujuan dari penyuluhan pertanian yang dilakukan di Desa seunebuk jalan tersebut, penyuluhan pertanian tersebut melakukan programnya untuk mewujudkan tujuan yang telah diajukannya kepada para petani.

Progam yang dibuat penyuluhan pertanian ialah pertama menentukan potensi wilayah dari Desa desa yang berada di kecamatan idi tunong tersebut, kedua membuat petani wilayah kerja, ketiga mengumpulkan data dari tiap petani yang ikut terlibat dalam potensi desa dan keempat membuat data rekapitulasi Tupoksi untuk data potensi wilayah.

Dari program yang ditentukan penyuluhan pertanian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kinerja penyuluh pertanian pada kelompok tani Di Desa desa yang berada di kecamatan idi tunong tergolong sangat baik karena dilihat tujuan dari penyuluhan tersebut sangat bermamfaat bagi kelompok tani dan masyarakat yang berada di Desa desa. (*)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.