Membuka Tirai Kebenaran

Mahasiswa Undip Mengadakan Penghijauan di Lapangan Desa Punjulharjo

2 min read

REMBANG – Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP Semarang jawa tengah menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon sebagai upaya bentuk penghijauan desa di desa Punulharjo Kecamatan Kota Rembang ,Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Kegiatan ini diikuti anggota kelompok KKN dengan mengajak peran aktif lembaga kemasyarakatan dan Karang Taruna setempat, kamis 05 /11/ 2020.

 

Penanaman pohon ini merupakan aktualisasi dari satu diantara program kerja Kelompok 3. Adapun hal yang melatarbelakangi kegiatan tersebut adalah adanya fasilitasumum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, salahsatunya adalah lapangan sepakbola.
Olah raga sepak bola kerap kali menjadi kegiatan rutin bagi masyarakat desa Punjulharjo, terutama kaum muda. Fasilitas penunjang olahraga menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap berkembangnya olahraga ini. Akan tetapi, kurangnya resapan air di lapangan membuat fungsi lapangan belum maksimal,terutama ketika musim penghujan dimana air dengan cepat menggenang dan membuat tanah menjadi berlumpur.

Dalam rangka mencegah terjadinya pengikisan tanah dan kurangnya resapan air di lapangan yang disebabka noleh air hujan,kelompok 3 KKN Tematik Universitas Diponegoro ( Undip ) 2020 mengusulkan program penghijauan yang dapat dijadikan salah satu solusi untuk memperlancar penyerapan air di lapangan olah raga desa Punjulharjo. Selain itu, penghijauan merupakan aksinyata untuk menyelamatkan kondisi lingkungan yang semakin memburuk.

Melalui penghijauan, masalah lingkungan seperti kesulitan air bersih dan polusi udara semakin berkurang.

Rama salah satu mahasiswa KKN Tematik Desa Punjulharjo menyampaikan bahwa penanaman ini
“FasilitasLapangan olahraga yang baik akan menunjang kegiatan pemuda DesaPunjulharjo. Dengan alasan tersebut,kami mengajukan permohonan bantuan bibit untuk menjalankan program penghijauan di Lapangan olahraga tersebut .” ujar Rama.

Proses pelaksanaan program dilaksanakan mulai dari hari pertama survey lokasi lapangan hingga proses pembuatan denah penghijauan lapangan sepakbola desa Punjulharjo. Dilanjutkan dengan permohonan bantuan bibit tanaman, setelah itu proses penanaman bersama dengan perangkat desa, anggota Karang Taruna desa Punjulharjo.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini mampu menjadi motivasi dalam upaya peningkatan kepedulian lingkungan di masyarakat sehingga dapat menambah keasrian lingkungan sekitar. ( Insan )

Editor: Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.