Membuka Tirai Kebenaran

Makna Sebuah Silaturahim

1 min read

Gambar ilustrasi: Keluarga besar Janter RS setelah berpisah selama 12 Tahun

OPINI, Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Maka sudah seyogyanya seseorang selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain, salah satunya dengan silaturahmi.

Berbicara silaturahmi, masih sering menjadi perdebatan di sebagian masyarakat Indonesia pada umumnya. Mana yang benar antara silaturahmi atau silaturahim?

Silaturahim adalah sebuah kata yang sudah sering digunakan. Berasal dari dua kata, yaitu silah yang artinya tali atau hubungan dan rahim yang artinya kasih sayang.

Dari dua kata itu, silaturahim sering diartikan sebagai ‘menyambung tali kasih sayang atau tali persaudaraan.’

Istilah ini sudah sering dipakai untuk saling mengunjungi keluarga, relasi, tetangga, serta teman yang dekat maupun jauh.

Selain merupakan kewajiban, ternyata silaturahmi banyak sekali manfaatnya. Dengan bersilaturahmi, keluarga yang jauh akan terasa dekat kembali, saudara dan kawan lama bisa berkumpul, bahkan orang yang berseteru bisa rukun kembali.

Dengan saling berkumpulnya saudara dan teman yang selama ini terpisah serta rukunnya kembali orang yang sebelumnya berseteru, insya Allah akan dapat disatukan kembali hubungan persaudaraan. Diharapkan dengan terjalinnya kembali persaudaraan, umat Islam yang bersatu dan bersaudara akan terwujud kembali.

Nah, dengan silaturahim memberikan hikmah untuk merekatkan ukhuwah dan juga kekerabatan yang mulai pupus atau berkurang. Di dalam beberapa hadis mengatakan bahwa dengan bersilaturahmi bisa memperbanyak rezeki. Tentu saja rezeki ini bisa bersifat langsung ataupun efek yang tidak langsung.  (***)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.