Membuka Tirai Kebenaran

Kenalkan buku masa kecil ganjar didesa kunti

2 min read

 

 

LINTASINDONEWS.COM ,BOYOLALI-Kisah masa kecil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibukukan. Buku berjudul “Anak Negeri” itu resmi dilaunching di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (29/1/2018).

Buku novel terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang terbit di penghujung akhir 2017 itu mengisahkan sosok Ganjar kecil. Buku dibagi menjadi beberapa babak.

Tiap babak menceritakan satu kisah panjang, kemudian menyambung dengan kisah lainnya. Lantaran berupa novel, penulisan cerita dikemas secara renyah dan menarik.

Penulis buku “Anak Negeri”, Gatotkaca Suroso mengatakan, buku tentang masa kecil Ganjar ditulis selama dua tahun. Cerita masa kecil Ganjar diperoleh dari berbagai sumber, riset, hingga wawancara langsung dengan pria 49 tahun itu.

“Buku ini insipairasi anak muda. Beliau dilahirkan di tengah keluarga sederhana, tapi mampu sukses. Ini buku inspiratif,” kata Gatotkaca.

Ganjar kecil, sambung Gatotkaca, dilahirkan di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Ayahnya seorang polisi, dan ibunya berprofesi ibu rumah tangga.

Keluarga kecil itu, lanjut dia, tinggal di rumah kecil nan sederhana. Kemudian, rumah itu dijual sebelum memutuskan pindah dari Karanganyar ke Kutoarjo, Purworejo.

“Buku ini ditulis selama dua tahun, saat istri saya mengandung,” ujar penulis novel ‘Jokowi si Tukang Kayu’ tersebut.

Ganjar Pranowo yang hadir di lokasi mengamini apa yang ditulis Gatotkaca. Menurut dia, sebagian cerita yang ditulis dalam buku memuat cerita sebenarnya.

Menurut pria berambut putih ini, penulis buku menggambarkan kisahnya dengan renyah, sehingga bisa dibaca semua kalangan. “Buku ini enak dibaca, beda dengan buku pertama saya yang terlalu serius. Ini buku kedua yang menulis soal saya,” ujar Ganjar.

“Sebagian buku isinya benar soal saya, sebagian lainnya ndak. Tapi cerita, background betul adanya,” papar suami Siti Atiqoh ini.

Novel Anak Negeri diluncurkan di Dusun Sawit, Desa Kunti, Kecamatan Andong, Boyolali. Kesenian dari Komunitas Lima Gunung mengiringi pengenalan buku itu ke publik.

Kontributor :  Tim Lintas Kota

Sumber         :   kmps

Editor             :  Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.