Membuka Tirai Kebenaran

Masa Pandemi Covid 19, SMKN 1 Kalijambe Terapkan Belajar Daring Sesuai Kurikulum Khusus

2 min read

 

SRAGEN, Pandemi Covid-19 menciptakan suasana yang tidak kondusif bagi keberlangsungan hidup manusia, semua aktivitas sosial terhenti. Kebijakan belajar dari rumah di tengah Pandemi Covid-19 juga dilakukan sekolah-sekolah di Indonesia.

Kebijakan ini didasari Surat Edaran (SE) Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Salah satu isi dari SE tersebut adalah memberikan himbauan untuk belajar dari rumah melalui Pembelajaran Daring atau jarak jauh.

Untuk itu Sugeng Prihanto selaku Kasek SMKN 1 Kalijambe Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah, tetap berkomitmenebdidik siswa-siswinya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh

“Kami bersama para guru tetap melakukan kegiatan belajar mengajar melaui online, baik melalui WhatsApo maupun aplikasi lainnya, ” Begitu kata Sugeng mengawali perbincangan baru-baru ini.

Lebih jauh dia katakan, belajar jarak jauh di lakukan sejak pukul 10 WIB menyesuaikan jabwal kurikulum. Sugeng menilai pembelajaran daring sangat berbeda dengan belajar sebelum ada pandemi Covid 19.

“Saat ini sekolah menggunakan Kurikulum khusus, berbeda dengan Kurikulum sebelum ada covid 19, jika dulu belajar di sekolah dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB kini tidak lagi, di mulai sejak pukul 10.00 WIB, ” Jelasnya.

Kemudian Kasek yang menjabat sejak bulan September 2019 ini, lebih fokus ke dunia industri, agar anak didik kelak bisa segera bekerja di perusahaan.

“Seperti halnya sekolah kami sudah ada MOU dengan perusahaan DUNRISE serta tahun kemarin bisa menyuplay tenaga kerja ke PT Van Brother industri garmen, ” Ungkapnya.

Saat di tanya kendala anak didik seputar pendidikan daring, Sugeng tidak menampik tentang kendala yang ada, namun dia juga mengakui perhatian pemerintah sudah termasuk besar.

“Siswa juga mendapat Kuota gratis dari pemerintah, dan ini sudah cukup membantu, ” Jelasnya. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.