Membuka Tirai Kebenaran

Meski di Larang , SMPN 3 Kartasura di Duga Nekad Lakukan Pungli.

2 min read

LintasIndoNews.com, Sukoharjo – Meski di larang dengan adanya aturan Peraturan Pemerintah ( PP ) No.17 Tahun 2010 pasal 18 dan 19, Pihak dari sekolah dilarang menjual seragam dan sejenisnya oleh koperasi siswa maupun guru.

Dari klarifikasi dilapangan, Pihak SMPN 3 Kartasura ini di duga tetap melanggarnya. Pasalnya pihak sekolah yang di duga bermental korup ini melakukan pungutan liar.

Dengan dalih menjual buku LKS kepada siswa kelas VII, VIII dan IX, dengan variasi harga yang telah di tentukan, yakni kelas VII senilai Rp.127.500,- dengan jumlah 12 mapel, untuk kelas VIII sebesar Rp. 133.500,- terdiri 13 mapel sedangkan kelas IX dengan harga Rp.143 ribu sebanyak 16 mapel.

Sementara jenis pungutan yang tertuang dalam saber pungli dugaan ini, pihak sekolah melakukan pungli urutan no 17 dari 57 jenis pungli, sungguh potret program pendidikan gratis 9 tahun tercoreng oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, dugaan pungli selanjutnya adalah wacana study tour ke bali bulan maret depan, dengan rincian dana tiap siswa sebesar Rp. 970 ribu, lengkap sudah beban bagi orang tua siswa yang tidak mampu.

Jika hal ini di biarkan berlarut – larut fungsi dari kegiatan siswa yang rutin dilakukan guna sebagai karya tulis, akan menjadi ajang cuci mata di pulau dewata yang terkenal dengan turis seksinya.

Bukankah ini sangat mengganggu spikologis anak di bawah umur??. Sekolah harus lebih mengkaji ulang tujuan wisata yang hanya menghamburkan uang semata, alangkah baiknya jika study tour lebih mengarah ke banyak museum terdekat, yang nantiya akan menjadi karya tulis yang berbobot dan bernilai.

Sudjarwadi selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Kartasura ketika hendak di konfirmasi, terkesan menghindar dan tidak mau peduli, hingga saat ini tim investigasi kami belum mendapatkan jawaban .

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo Sudarno saat dikonfirmasi via telepon genggamnya memberikan jawaban, bahwa sepanjang itu kesepakatan dengan orang tua pihaknya mengijinkan kegiatan tersebut .

Investigator : Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.