Membuka Tirai Kebenaran

Pelatihan Penulisan Curriculum Vitae dan Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa UNNES

2 min read

Dr. Novia Wahyu Wardhani, M.Pd (Universitas Negeri Semarang)

 

LintasIndoNews.com, Pelatihan Penulisan CV dan Wawancara kerja dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang yang merupakan  alumni Universitas  Negeri Semarang.

Media yang digunakan dalam pelatihan ini adalah whatsapp grup dan google meet.  Pelatihan  penulisan CV  dan  wawancara kerja ini terdiri dari 3 sesi yaitu sesi menulis CV,  sesi  teknik  wawancara,  dan  sesi membangun reputasi online.

Pelatihan diawali dengan pendataan peserta. Peserta yang ikut adalah mereka yang baru saja lulus dengan mendaftarkan diri melalui bit.ly/daftarpelatihancv. Kemudian dari sana dibentuk kelompok yang berisi 15 orang yang tergabung dalam grup whatsapp. Dari grup tersebut  kemudian  dibagikan  modul  yang berguna sebagai sarana pendukung pelatihan.

Modul tersebut berisi langkah-langkah pelatihan dan juga contoh serta tips menulis CV yang baik serta teknik wawancara kerja.

 

Gambar 1. Modul Siap Bekerja

 

Modul   ini   dibagikan   kepada   peserta   dalam bentuk e-book. Setelah modul dibagikan kemudian admin membagikan tanggal pelatihan dan juga alamat google meet yang digunakan. Melalui google meet pelatihan diadakan mulai dari jam 09.00-11.00. Metode yang digunakan adalah   active   learning   dengan   melibatkan peserta dalam berbagai aktivitas yang dilakukan selama pelatihan contoh menyepakati kontrak pelatihan seperti :

1.   Video on selama pelatihan berlangsung

2.   Mikrofon off selama pelatihan berlangsung kecuali pada saat      bertanya dan mengemukakan pendapat.

3.   Jika  ingin  bertanya  maka  peserta dapat langsung  menekan   raise hand  terlebih

dahulu dan berbicara setelah dipersilahkan.

4.   Diijinkan untuk makan dan minum namun tetap dalam kondisi kondusif

Ikut aktifnya  peserta  dilakukan   dengan membagikan link google drive dan membuka akses untuk peserta dapat ikut menulis PPT yang dibagikan oleh pelatih.

Gambar 2: Kontrak Belajar

 

Setelah itu melakukan brainstorming atau persamaan persepsi tentang apa itu cv dan komponen pendukungnya. Kemudian beberapa dari mereka diminta untuk membagikan pengalamannya dalam menulis CV. Pelatihan ini terdiri dari 3 sesi yaitu :

1.   Sesi penulisan CV

2.   Sesi Teknik Wawancara

3.   Sesi membangun reputasi online

Dengan jeda persesi 5 menit.

Peserta diajarkan menulis CV dengan memberikan rambu-rambu serta contoh-contoh CV yang baik seperti contoh CV yang baik dan menarik seperti gambar berikut.

 

Gambar 3. Pemaparan CV serta tips dan trik agar CV menarik untuk dibaca

 

Setelah itu peserta diminta untuk mencoba menganalisis contoh-contoh CV yang ada dalam modul apakah komponennya sudah terpenuhi, sesuai, dan tampilannya menarik. Kemudian diakhir peserta diminta membuat CV yang nantinya dikumpulkan melalui whatsapp grup.

Hal yang sama dengan sesi selanjutnya hanya saja untuk tugas hanya diberikan pada sesi penulisan CV. Dengan demikian diharapkan mereka mampu untuk kedepannya menghasilkan CV yang baik yang  menunjang  untuk mereka  dapat diterima kerja.

Dengan pelatihan siap kerja maka mereka menjadi tahu, dan mampu memposisikan dirinya dan mempromosikan keahliannya.

Selain itu juga mempercepat lulusan dalam memperoleh pekerjaan dengan kualifikasi pekerjaan yang baik dan sesuai dengan bakat dan keinginan. (*****)

 

 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.