Membuka Tirai Kebenaran

Pembelajaran Daring Via Zoom : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Pembelajaran Bagi Kelas 4 SDN Ngargosari 1

2 min read

Oleh Ana Kristyaningrum, S.Pd

SD N Ngagosari 1 Sumberlawang Sragen

 

OPINI, Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi manusia agar  terhindar dari berbagai bentuk penindasan, kebodohan sampai ketertinggalan (Freire Yunus, 2005: 1). Masalah utama pada pendidikan di Indonesia adalah rendahnya hasil belajar siswa di sekolah. Terutama pendidikan pada masa dewasa ini terhambat akibat mewabahnya Covid-19. Hal ini menyebabkan pemerintah Indonesia akhirnya mulai mengambil keputusan berupa anjuran sosial distancing (pembatasan sosial) ataupun physical distancing (menjaga jarak fisik). Dalam aspek kebijakan pendidikan, semua institusi pendidikan diminta untuk menghentikan proses ajar mengajar di tempat menjadi bentuk belajar di rumah.

Papan nama sekolah

 

Sebagai seorang guru tidak hanya dituntut menguasai pengetahuan atau materi yang akan di sampaikan pada pembelajaran daring ini, akan tetapi guru harus dapat menguasai pendekatan, model pembelajaran, dan metode pembelajaran yang harus sesuai dengan keadaan siswa dan lingkungannya, sehingga dapat mendukung siswa untuk berfikir kritis, logis, menggunakan cara yang efektif, efisien serta dapat menumbuhkan sikap disiplin, ilmiah, rasa tanggung jawab, percaya diri dan disertai iman dan taqwa.

Penggunaan media pembelajaran secara tepat dapat membantu kelancaran kegiatan pembelajaran selama masa pandemi ini. Video sebagai salah satu kemajuan teknologi telah banyak memberikan pengaruh positif dan kemajuan bagi manusia dan kebudayaannya. Dengan adanya video, orang tidak lagi sulit untuk mendapatkan berbagai informasi, pengetahuan dan hiburan. Hal ini menjadikan dunia yang luas seakan menjadi sempit dan hampir tidak lagi dikenal dengan batas-batas waktu maupun tempat. Video pembelajaran sangatlah tepat jika digunakan dalam pembelajaran Tematik Kelas IV pada pembelajaran daring melalui zoom. Oleh sebab itu guru perlu media atau alat bantu untuk bisa menggambarkan kepada siswa, agar siswa mudah memahami materi yamg akan dipelajari.

Sebagaimana yang telah dilaksanakan di SDN Ngargosari 1 Sumberlawang, yaitu sebuah upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan media video pembelajaran bagi kelas IV.

Tujuan penggunaan media video pembelajaran antara lain dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa dalam proses pembelajaran daring melalui zoom, meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, dan meningkatkan hasil belajar siswa..

Penelitian ini saya lakukan dalam 3 siklus dan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perolehan nilai siswa dengan prosentase siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 21,43% , sedangkan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43%, siklus II ke siklus III hanya sebesar 10,72%. Peningkatan prosentase siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus III adalah sebesar 53,58%.

Jumlah siswa kelas IV adalah 28 anak. Siswa yang mencapai KKM semula 13 anak pada pra siklus, meningkat menjadi 19 anak di siklus 1, 25 anak di siklus 2, dan mencapai ketuntasan 100% di siklus 3.

Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus III cukup memuaskan. Dari keseluruhan pembelajaran, hasil belajar siswa terus meningkat, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media video pembelajaran tepat digunakan dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa tidak hanya membaca buku tema untuk mempelajari materi pelajaran, melainkan mengamati video yang relevan dengan materi serta mendapatkan pengalaman bermakna melalui aplikasi zoom. (***)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.