Membuka Tirai Kebenaran

Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid -19 : SD NEGERI Tempeun Aceh Timur Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelsjaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples 

1 min read

Oleh Muhammad Haris Kepala SD Negeri Teumpeun

 

OPINI, Pandemi covid-19 yang terjadi mengakibatkan perubahan kebijakan secara mendasar dalam dunia pendidikan di Indonesia, termasuk pembelajaran di wilayah Aceh Timur.

Termasuk dalam zona hijau, sekolah SD Negeri Teumpeun di wilayah Aceh Timur melaksanakan pembelajaran secara luring, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, cuci tangan , dan menjaga jarak.

Dalam pembelajaran luring ini, guru tetap dapat secara kreatif mengembangkan prestasi belajar siswa dengan mengimplementasikan berbagai macam model pembelajaran yang menarik.

Salah satu upaya dilakukan oleh penulis, dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan metode Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPA.

Model pembelajaran examples non examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar dan video sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar dan video ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar dan video tersebut menjadi sebuah bentuk diskripsi singkat  mengenai apa yang ada didalam gambar dan video. Penggunaan Model Pembelajaran examples non examples ini lebih menekankan pada konteks analisis siswa.

Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran menunjukkan, pada siklus I (satu ) nilai rata- rata siswa berjumlah 68,5  dan ketuntasan belajar mencapai 55 %, sedangkan pada siklus II (dua ) nilai rata- rata siswa 83 dan ketuntasan belajar mencapai 95 %.

Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa di tengah pandemic covid-19, tidak menjadi penghalang semangat dan kreatifitas guru untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa. (***)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.