Membuka Tirai Kebenaran

Pemda Konsel Tunjuk Desa Lamotau Maju Lomba Tingkat Provinsi

3 min read

LintasIndoNews.com | ANDOOLO, Setelah menjadi yang terbaik pada penilaian lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Konawe Selatan, Desa Lamotau Kecamatan Kolono berhak mewakili Konsel pada jenis lomba yang sama di tingkat Provinsi Sultra tahun 2019.

Terlihat beberapa hari lalu, Selasa, (16/7) bertempat di Balai Desa Lamotau, Tim penilai dan rombongan dari PKK Provinsi melakukan penilaian yang di pimpin Ketua Tim, Dr. Ir. Hj. Siti Leomo Bachrun, M.Si (Wakil Ketua IV PKK Prov Sultra), bersama Ir. Hj. Saila, M.Si (Wakil Ketua I), dr. Ria Lestari Sitompul Ilyas  (Wakil Ketua V), Ir. Hj. Devi Yunari Asadih, M.Si (Sekretaris), Ir. Hj. Dwiati Retno Widiastuti Aminudin (Ketua Pokja I), Hj. Nurlita Irawan, S.Pd.,M.Si (Ketua Pokja II), dan Oni Idrus, SP.,M.Si (Ketua Pokja III).

Kedatangan rombongan di sambut dengan tarian tradisional mondotambe dan alat musik bambu. Yang diterima oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Sahrin Saudale, M.Si di dampingi Sekretaris PKK Konsel, Drs. H. Harsan Nur, dan Camat Kolono, Hasbi, SH dan dihadiri para pengurus PKK lainnya.

Baca Juga: Ramaikan Demokrasi Pilkada Surakarta, Kusuma Nyatakan Siap Maju di Penjaringan PDIP

Dalam penjelasannya, Ketua Tim Penilai, Dr. Siti Leomo mengatakan bahwa untuk memelihara semangat dan terus menggelorakan gerakan PKK, maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah lomba seperti ini yang sedang berlangsung, yang juga menjadi agenda rutin dan menjadi program kerja TP-PKK Prov Sultra, terang dia.

Dimana lanjut Siti Leomo, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan menumbuhkan jiwa semangat pengabdian serta kompetensi para kader PKK, serta untuk mengetahui perkembangan dan keberhasilan pelaksanaan 10 program pokok PKK secara berjenjang mulai dari Desa/Kel hingga tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

“Lomba ini juga sebagai sarana apresiasi terhadap para kader di pelosok pedesaan yang berhasil mengimplementasikan 10 program pokok PKK yang efektif, yang secara umum kriterianya yakni, input, proses dan outputnya,” ungkap Leomo.

Baca Juga::Guru 2 Hari Ala Babinsa Plumbungan, di SMK PGRI Karangmalang

Untuk itu Leomo berharap, Desa Lamotau mampu bisa menjadi terbaik, juga moment penting untuk menunjukkan kinerja pemerintah dan masyarakat di wilayah masing-masing, yang bukan semata-mata untuk menang, namun motivasi bagaimana  meningkatkan kegiatan pembangunan secara berkelanjutan bukan hanya saat lomba, tukasnya.

Sementara itu, atas nama Pemda dan pengurus PKK Konsel, Asisten Satu, Sahrin Saudale menyampaikan selamat datang ketua tim penilai bersama rombongan, semoga dapat memberikan penilaian terbaik bagi Desa ini sehingga dapat maju pada tingkatan selanjutnya.

“Kita berharap Desa ini bisa menjadi juara, namun, yang terpenting adalah bagaimana lomba PKK ini bisa memotivasi masyarakat dan menjadi wadah untuk menjembatani antara kebutuhan keluarga dan pemerintah, melalui implementasi dan pemberdayaan program pokok PKK,” tandasnya.

Baca Juga: Kodim Sragen Gelar Upacara 17 – an Pada Bulan Juli 2019

Selaku pemimpin wilayah, Camat Kolono, Hasbi, berharap melalui lomba ini Desa Lamotau dapat mengharumkan nama Konsel pada tingkat lebih tinggi lagi dengan menjadi juara pada lomba PKK ini.

“Kita berusaha untuk menjadi yang pertama dalam lomba, tapi apapun hasilnya akan menjadi pembelajaran kedepan agar bisa lebih baik, terutama bagaimana program PKK bisa teraplikasi dalam kehidupan bermasyarakat yang menyentuh seluruh rumah tangga tanpa terkecuali,” tandas Hasbi. (Edison)

BacaJuga: PTSL Desa Palon Diduga Jadi Ajang Pungli

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.