Membuka Tirai Kebenaran

Pemilukada, KPU Rembang Ajukan Tambahan Anggaran 8 miliar.

2 min read

LINTASINDONEWS.com, REMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang Jawa Tengah meminta penambahan anggaran sekitar Rp 8 miliar untuk pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desember 2020 memdatang.

Dari anggaran semula sekitar Rp 21 miliar.
Dari total usulan tambahan anggaran sebesar Rp 8 miliar itu, sebanyak Rp 7,7 miliar rencananya untuk membeli alat rapid test Covid-19.

Ketua KPU Rembang M Iqbal menjelaskan, penambahan anggaran ini bakal digunakan untuk menambah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Rembang dan honor petugas penyelenggara pemungutan suara.

Selain itu, pihaknya juga menganggarkan untuk alat pelindung diri (APD) dan alat rapid test.

“Untuk APD sudah disanggupi Pemkab, dan masih kurang soal anggaran rapid test sebesar Rp 7,7 M. Pemda yang jelas tidak bisa menganggarkan, dari situ.

Pemda akan mengajukan ke pusat,” kata Iqbal kepada wartawan Lintasindonews.com Rabu (17/06/2020).

Ia menyebut anggaran alat rapid test sebesar Rp 7,7 miliar itu bakal diusulkan Pemkab Rembang ke pemerintah pusat. Alat rapid test itu digunakan untuk para penyelenggara Pilkada serentak 2020.

“Semua penyelenggara yang berjumlah sekitar 15 ribu orang akan kami Rapid Test, tapi untuk pemilih tidak,”bebernya.

Selain untuk pembelian Rapid Test, dikatakan Iqbal anggaran itu digunakan untuk menambah 208 TPS dari sebelumnya berjumlah 1.160 TPS.
Alasannya, berdasarkan peraturan KPU yang baru, jumlah pemilih dibatasi hanya 500 orang per TPS.

“Adanya batasan jumlah pemilih di TPS nya, yang semula 800 pemilih, sekarang dibatasi jadi 500 pemilih, sehingga harus ada penambahan jumlah TPS sebanyak 208 TPS. Karenanya, kami usulkan penganggaran Rp 454 juta,” paparnya.

Ia menjelaskan alokasi anggaran sebesar Rp 454 juta akan dibebankan kepada Pemkab Rembang. Anggaran ini pun telah disetujui untuk dianggarkan dalam APBD 2021.

“Pemkab juga siap men-support dalam bentuk barang, seperti APD, masker, face shield begitu. Juga thermo gun dengan sistem pinjam pakai dari Pemkab Rembang,” tambahnya. ( TRIE )
Editor: Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social