Membuka Tirai Kebenaran

Pemkab Klaten Gelar Upacara Hari Bela Negara Pengabar Berita Jadilah Penerang Informasi Bertanggungjawab

2 min read

LINTASINDONEWS.com, KLATEN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Kamis pagi, 19 Desember 2019 menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019 di Alun-alun Klaten. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Klaten yang diwakili Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM dengan membacakan sambutan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Madya TNI Achmad Djamaludin.

Dalam sambutannya, Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengatakan, melalui upacara Hari Bela Negara agar masyarakat mengikuti aksi nasional bela negara dengan melaksanakan tugas dan kewajibannya sehari-hari secara terukur dan jelas. Nilai dasar bela negara yakni Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa harus terus ditanamkan kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama, dan ras.
Dikatakan, warga yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, haruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Warga yang bekerja sebagai pengabar berita haruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang dan bertanggungjawab.
Menurut H Jaka Sawaldi, MM, kemudian yang belajar dan mengajar haruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan yakni Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Selanjutnya yang menjalankan usaha agar terus meningkatkan daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara.
Lebih lanjut H Jaka Sawaldi mengatakan, pada 2019 ini, Bangsa Indonesia memperingati Hari Bela Negara yang ke -71. Hari Bela Negara didasari sejarah bahwa semenjak Mr Syafroediri Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI} pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya.
Dijelaskan, dewasa ini sama-sama dicermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara INdonesia, semakin hari semakiri berat dan beragam berituknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.
Sekda Klaten H Jaka Sawaldi menegaskan, semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dari rintangan yang dihadapi Bangsa Indonesia hanya bisa dihadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia yang dicanangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74.
Ditambahkan, manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan di segala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi semua komponen Bangsa Indonesia untuk melaksanakan bela negara.
Bertindak sebagai Komandan Upacara Hari Bela Negara tingkat Kabupaten Klaten, Kapten Infanteri Purwanto selaku Danramil 09 Prambanan, perwira upacara Drs Sudibyo Cahyono, pembaca Ikrar Bela Negara Serda Hery Kiswanto dari Dodiklatpur Danguran Klaten Selatan. Upacara Hari Bela Negara tersebut antara lain anggota TNI, Polri, ASN, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa, pelajar SMA dan SMP Kota Klaten. (Danang)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.