Membuka Tirai Kebenaran

Penggunaan Media Power Point di Masa Pandemi: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Suren Tahun Ajaran 2020/2021

3 min read

Oleh: Sri Utami, S.Pd.

SDN Suren Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo

 

OPINI, Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini seluruh aktivitas sangatlah terpengaruh dengan terutama di dunia pendidikan. Aktivitas yang harus dilakukan mulai terkendala dan terhambat untuk melaksanakan pembelajaran secara normal.

Pada awalnya seluruh sekolah seakan lumpuh total, namun perlahan dari pihak kependidikan memiliki strategi untuk melakukan pembelajaran yang baik meski dalam kondisi pandemi seperti ini.

Pemerintah juga mendukung program pembelajaran daring supaya pendidikan tetap berjalan. Akan tetapi tidaklah mudah untuk pelaksanaan pembelajaran daring ini, kepemilikan IT, penguasaan IT, dan jaringan yang kurang mendukung tertutama di sekolah yang masih pedalaman atau jauh dari kota.

Di Sekolah Dasar menjadi tantangan guru, bagaimana pembelajaran tetap berjalan tanpa memberi beban pihak terkait. Pada awalnya di tempat kami dengan pembelajaran BDR (Belajar Dari Rumah) namun terkendala siswa yang belum memiliki HP. Siswa mengirim tuganya meminta bantuan teman sehingga butuh waktu yang lama.

Setelah berjalannnya waktu ada perubahan pelaksanaan pembelajaran dengan berkunjung dari rumah ke rumah siswa yang dilakukan guru. Hal ini juga kurang maksimal dalam pembelajaran siswa merasa waktu hanya sebentar sedangkan guru tergesa-gesa untuk melanjutkan kunjungan ke rumah siswa selanjutnya.

Setelah beberapa waktu, adanya peraturan untuk dapat melakukan pembelajaran luring yaitu dengan konsultasi belajar di sekolah dengan aturan tertentu. Diantaranya jumlah siswa dibatasi, pelaksanaan dengan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker atau faceshield, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk kelas, dan pengecekan suhu. Waktu dalam pembelajaran pun tidaklah seperti biasanya, dalam masa pandemi ini hanya 2x jam pelajaran, yaitu 2×30 menit setiap peretemuan. Materi yang disampaikan pun lebih yang essensial supaya dapat tercapai tujuan pembelajarannya.

Di sekolah kami saat ini sudah belajar di sekolah dengan 3 kali masuk dalam seminggu. Sebagai guru harus mempunyai strategi supaya pembelajaran yang essensial tercapai dan dengan mudah dimengerti serta dipahami oleh siswa.

Salah satunya dengan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Media yang digunakan yaitu powerpoint untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami dan mencapai tujuan pembelajaran.

Siswa akan lebih termotivasi, menarik mengikuti pembelajaran, merangsang minat dan waktu lebih efektif baik bagi guru maupun siswa.

Jadi pengajaran melalui audio visual adalah penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata simbol-simbol yang serupa. Jenis audio visual media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua. Media audio visual juga mempunyai kelebihan diantaranya adalah:

Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.

Mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.

Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tapi juga aktifitas mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.

Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam pembelajaran matematika pada penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Suren Kecamatan Kutoarjo Tahun 2020/2021” dapat diambil kesimpulan bahwa:

Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN Suren tahun 2020/2021. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada peningkatan persentase hasil belajar siswa yang nilainya ≥ KKM dari tes awal baru 54,29%, pada siklus I siswa yang berhasil 77,14%, pada siklus II siswa yang sudah berhasil 88,57%, dan pada siklus III semua siswa sudah berhasil atau 100%.

Nilai rata-rata hasil belajar pada tes awal 69,14, pada siklus I 71,43, pada siklus II 78,00, dan siklus III 79,14. Peningkatan tes awal dan siklus I 22,85%, sedangkan peningkatan siklus I dan siklus II 11,43% serta peningkatan siklus II dan siklus III 11,43%.

Dengan demikian permasalahan yang diajukan dalam rumusan masalah dapat dibuktikan. Bahwa pengunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Suren.

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.