Sab. Des 14th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Pentingkah Pendidikan Karakter Untuk Anak SD?

2 min read

Banatul Hanidar Anggitawati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

OPINI, Pendidikan Karakter. Indonesia sedang gancar-gencarnya menerapkan pendidikan karakter di dalam suatu sekolah. Karakter sangat dekat dengan kepribadian manusia.

Karakter sendiri memiliki pengertian perilaku seseorang yang berinteraksi dengan moral. Sedangkan kepribadian sendiri lebih kepada karakter yang tidak ada sangkut pautnya dengan moral. Sebagai contoh dari kepribadian yaitu, si A itu orangnya bagaimana sih ? oh si A itu orangnya penyabar, tidak mudah tersinggung, dan lain sebagainya.

Ilustrasi anak – anak sedang kegiatan belajar mengajar

Kepribadian bisa berubah sedang karakter bisa dibentuk. Oleh karena itu, dalam lingkungan pendidikan khususnya sekolah, guru melibatkan pendidikan karakter dalam pembelajarannya.

Apalagi untuk anak SD yang masih bisa dikendalikan untuk kita mengajarkan dan membiasakan hal-hal yang baik.
Kebiasaan yang baik akan tumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

Selama kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan bukan hanya sekedar teori. Kebiasaan yang baik bisa kita mulai dari hal-hal yang kecil. Mulai dari bangun tidur kita langsung membereskan tempat tidur, melipat selimut, dan menata sprei.

Dari menata tempat tidur pun bisa memberikan efek yang positif. Yaitu nanti ketika kita sudah pulang dari melakukan aktifitas semisal pulang sekolah, mood kita akan menjadi lebih baik untuk melanjutkan aktifitas yang lain.

Berbeda dengan ketika kita pulang, tempat tidur masih berantakan pasti untuk melakukan hal yang lain akan menjadi malas dan malah tidak melakukan aktifitas yang lainnya.

Dilingkungan sekolah pun bisa kita biasakan dengan memakai atribut seragam yang lengkap, mengerjakan tugas rumah, membawa alat tulis, dan membaca doa sebelum belajar.

Ada hal yang mudah untuk diterapkan dan tidak memerlukan biaya, yaitu kebiasaan untuk mengucapkan terimakasih. Berterimakasih atas segala yang sudah diberikan oleh guru, teman, atau siapapun yang sudah menolong, membantu, dan melancarkan segala aktifitas dihari itu.

Hal hal kecil bisa kita biasakan untuk membentuk suatu karakter yang baik dan memiliki imbas yang baik kepada lingkungan masyarakat. Ketika karakter kita baik, masyarakat ataupun orang yang ada disekitar kita akan merasa senang dan merasa tidak terbebani dengan kehadiran kita.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kita menerapkan karakter yang baik dan tidak menyepelekan hal-hal kecil dalam kehidupan. (***)

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.