Membuka Tirai Kebenaran

Penuhi Kewajiban, Maemunah Kades Duduria Pasang Papan Informasi APBDes

2 min read

LintasIndoNews.com | Konawe selatan — Menggunakan anggaran Dana Desa (DD) bersumber dari pusat dan ADD dari Kabupaten beserta sumber dana lainnya, merupakan penopang Kepala Desa (Kades) dalam membangunan balai pelatihan kegiatan belajar masyarakat di desanya.

Namun, salah satu prinsip yang tak kalah jauh lebih penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik adalah transparansi dalam hal keuangan. Untuk memegang dan melaksanakan prinsip ini, maka harus selalu diterapkan dalam pengelolaan serta penyaluran keuangan di desanya.

Prinsip atau asas transparansi sendiri adalah sikap membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang pengelolaan keuangan desa dalam setiap tahapannya.

Salah satu contoh penerapan itu, nampak terlihat di Desa duduria Kecamatan ranomeeto Kabupaten konawe selatan (konsel), sejak dipimpinnya oleh Maemunah Kepala Desa Duduria, pasalnya keterbukaan dalam mengelola Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes), menjadi hal penting baginya, sehingga sampai saat ini ia masih dapat berkembang menjadikan desa maju tentram dan sejahtera.

Menurut Maemunah , keterbukaan dalam mengelola Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes), menjadi hal penting baginya, sehingga sampai saat ini ia masih dapat berkembang menjadikan desa maju tentram dan sejahtera.

Pantauan Media LintasIndoNews.com. ini, saat menyambangi kantor desa tersebut, terlihat jelas sebuah papan informasi berukuran jumbo yang memaparkan pengelolaan APBDes, mulai asalnya sumber dana hingga pengeluaran dana di peruntukkan.

“Untuk kegiatan pembangunan jembatan desa menggunakan DD tahun 2019 ini, ada disitu (papan informasi), termasuk jumlah dananya, kami tidak menutupinya ,”Kata Maemunah sambil menunjukkan papan informasi berukuran Baliho. Kamis (4/7/2019).

Lanjut dia, dengan kehadiran Dana Desa dinilai sangat membantu masyarakat untuk merencanakan sebuah program pembangunan prioritas untuk memenuhi sejumlah kebutuhan fasilitas yang dibutuhkan di pedesaan, jelas dia.

Program pembangunan di Desa merupakan item penting dilaksanakan demi kemajuan sebuah desa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Artinya dengan fasilitas yang dihadirkan ditingkat desa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keshahteraan masyarakat khususnya dipedesaan.

Kemudia Maemunah kembali mengulas, kini dengan adanya anggaran Dana Desa telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, desa duduria dan fasilitas lainnya.

“saya dengan masyarakat sangat mensyukur hal ini, karena dengan kehadiran DD ini kita bisa menata dan memprioritaskan aspek, Pembangunan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, namun demikian kami sebagai Pemerintah desa duduria, dan pengambil kebijakan di desa dalam melaksnakan kegiatan Dana Desa, menekankan kepada pelaksanaan kegiatan untuk tetap bekerja sesuai prosedur dan tetap mengacu pada petunjuk teknis yang telah ditentukan, ” Uratnya.

Sementara itu, masyarakat setempat sangat mengapresiasi kadesnya, dengan adanya papan informasi tersebut sehingga warga masyarakat dapat mengetahui sejumlah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Alhamdulilah, dengan adanya papan informasi itu, semua warga masyarakat jadi tahu sejumlah pembangunan yang dilakukan setiap tahunnya beserta pengelolaan anggaran yang ada di desa,” ujarnya. (Edison)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.